Senin, 19 Jun 2017 09:17 WIB

Survei: 7,5 miliar Populasi Bumi vs 5 Miliar Gadget

Agus Tri Haryanto - detikInet
ilustrasi pengguna gadget. Foto: GettyImages/Andreas Rentz ilustrasi pengguna gadget. Foto: GettyImages/Andreas Rentz
Jakarta - We Are Social, sebuah agensi marketing sosial baru saja merilis survei terbaru terkait data jumlah pengguna internet, perangkat mobile, hingga media sosial di dunia terhitung sampai Juni 2017.

Disebutkan ada sekitar 7,5 miliar orang yang menghuni bumi. Dari sekian jumlah total populasi tersebut, 3,8 miliar merupakan pengguna internet, 2,8 miliar dinyatakan sebagai pengguna media sosial yang tergolong aktif.

Menariknya lagi, data yang dirilis oleh We Are Social juga menyebutkan bahwa masyarakat sudah semakin ketergantungan terhadap perangkat mobile atau gadget. Pasalnya seperti dikutip dari The Next Web, Jumat (16/6/2017), hal ini terbukti dari survei terbaru yang mengungkapkan ada lima miliar perangkat mobile aktif dengan penetrasi 67%.

Perlu diingat, total penduduk Bumi itu sekarang ada 7,5 miliar. Itu artinya sekitar dua pertiga dari warga Bumi sekarang menggunakan perangkat mobile.

Beralih ke media sosial, Facebook disebutkan mengalami penurunan pengguna aktif bulanan. Jumlah pengguna aktif Facebook di seluruh dunia turun 50 juta atau 2,5% sejak titik tertinggi 1,9 miliar pengguna yang diumumkan beberapa bulan lalu. Fakta itu diketahui dari laporan Facebook kepada pengiklan.

Namun penurunan pengguna aktif Facebook ini diduga hanya bersifat sementara. Kemungkinan media sosial yang dibentuk oleh Mark Zuckerberg ini akan kembali ke jalur pertumbuhan positif dalam waktu dekat.

Sementara itu Weixn atau dalam bahasa inggrisnya WeChat menjadi platform terpopuler di China. WeChat dilaporkan mempunyai 870 juta pengguna yang berasal di negaranya sendiri. Dalam enam bulan terakhir, lebih dari 80 juta menjadi pengguna baru WeChat.

Sedangkan Line dilaporkan mempunyai 68 juta pengguna aktif di Jepang dalam laporan kuartal pertamanya, lalu Kakao Talk diumumkan punya 42,4 juta akun aktif di Korea Selatan, dan VK atau VKontakte membukukan pertumbuhan selama dua bulan terakhir dengan laporan lebih dari 60 juta pengguna.

(yud/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed