BERITA TERBARU
Senin, 20 Mar 2017 17:51 WIB

Penantang Baru Lazada cs, Punya Andalan Augmented Reality

Rachmatunnisa - detikInet
Aplikasi Tandamata (Foto: Rachmatunnisa/detikINET) Aplikasi Tandamata (Foto: Rachmatunnisa/detikINET)
Jakarta - Para pecinta belanja online dimanjakan dengan berbagai pilihan aplikasi belanja di ponsel mereka. Sebagai pendatang baru, Tandamata pun harus menawarkan sesuatu yang berbeda.

"Tren di berbagai belahan dunia saat ini menunjukkan kecenderungan yang kuat akan kewirausahaan. Banyak sekali wirausaha, UKM melahirkan produk unik dan berkualitas, namun terkendala dalam pemasarannya," kata Enrico Pitono, Chairman Matata, perusahaan teknologi yang membuat aplikasi Tandamata.

Saat peluncuran Tandamata di Dia.Lo.Gue, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2017), Enrico menjelaskan kebanyakan usaha kecil menengah (UKM) sulit menjual hasil karya mereka. Biaya operasional yang tinggi serta faktor kepercayaan pelanggan jadi salah satu faktor utamanya.

Penantang Baru Lazada cs, Punya Andalan <i>Augmented Reality</i>Enrico Pitono, Chairman Matata (Foto: Rachmatunnisa/detikINET)


"Ketika kami bilang mau buat Tandamata ini, memang banyak yang berkomentar, 'Aplikasi belanja? Sudah ada Lazada, Matahari Mall dan lain-lainnya. Lo mau melawan yang udah gede-gede itu?'. Tapi kami punya alasan untuk itu," kata Enrico percaya diri.

Tandamata yang resmi diluncurkan hari ini, adalah aplikasi yang dibuat untuk menjadi wadah berkumpulnya produk-produk bermutu hasil wirausahawan Indonesia. Sesuai namanya, aplikasi ini membantu konsumen mencari tanda mata atau hadiah bagi orang-orang spesial.

"Konsumen belanja online itu kebanyakan perempuan dan umumnya membeli sesuatu untuk diberikan kepada orang lain. Tandamata mempermudahnya dengan menghadirkan produk yang sudah kami kurasi," sebutnya.

Menurutnya, mencari hadiah di aplikasi belanja online yang sudah ada seringkali membingungkan. Kalau pun dicari melalui fitur pencarian, hasilnya seringkali tidak relevan.

"Saya pernah coba cari dari layanan belanja online yang sudah besar, tak perlu saya sebut namanya. Tampilannya ramai dan penuh sekali, sulit menemukannya. Ketika search 'hadiah untuk wanita' misalnya, hasilnya ngaco," ujarnya.

Penantang Baru Lazada cs, Punya Andalan <i>Augmented Reality</i>Menjajal fitur augmented reality di Tandamata (Foto: Rachmatunnisa/detikINET)


Augmented Reality

Satu hal lagi yang membedakan Tandamata secara signifikan dengan aplikasi belanja online yang sudah ada, adalah dibenamkannya augmented reality (AR). Teknologi ini menjawab tantangan berbelanja online yang sering dikeluhkan oleh konsumen, yakni barang yang dibeli tidak sesuai dengan gambar.

"AR ini memungkinkan konsumen menjajal langsung bagaimana benda yang mereka pilih terlihat di tempat yang diinginkan. Misalnya beli bantal, seperti apa jika dipadankan dengan sofa di rumah. Atau pajangan kembang, apakah besarnya sesuai atau tidak," paparnya.

Dalam presentasinya, Enrico mendemokan bagaimana ketika ingin membeli bantal, pengguna bisa 'menjajalnya' dengan membuka menu AR di aplikasi, lalu diarahkan ke QR code yang sudah disediakan. Ketika bantal sudah muncul, tablet atau smartphone diarahkan ke sofa dan terlihat seperti apa nantinya jika jadi membelinya.

Penantang Baru Lazada cs, Punya Andalan <i>Augmented Reality</i>(Foto: Rachmatunnisa/detikINET)


Namun fitur ini dijanjikan Enrico baru akan bisa dipakai pada 17 Agustus mendatang karena masih dalam pengembangan. Sejauh ini, pengguna baru bisa menjajal versi betanya.

"Semua tantangan belanja online ada dalam checklist kami dan ada solusinya. Karena itu kami yakin bisa bersaing dengan nama-nama yang udah besar itu tadi," tutup Enrico. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.