Jumat, 17 Mar 2017 08:10 WIB

Startup Jebolan Google Berbagi Kisah

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: detikINET/Rachmatunnisa Foto: detikINET/Rachmatunnisa
Jakarta - Setelah mengikuti Launchpad Accelerator di markas Google di Mountain View, Amerika Serikat, startup iGrow makin yakin dan pede untuk fokus menjalankan usaha rintisan digitalnya.

"Punya fokus ternyata memang menyenangkan. Bagaimana kita jadinya mengarahkan seluruh effort yang kita punya ke arah fokus itu," kata CEO iGrow Andreas Senjaya di acara media gathering Launchpad Accelerator di The Hook, Senopati, Jakarta.

Bertemu dengan sejumlah mentor yang sesuai dengan masalah yang dihadapinya, iGrow juga diingatkan agar selalu mengandalkan data ketika akan membuat atau mengembangkan produk.

"Kalau dulu cuma ngandelin insting, mengira-ngira, sekarang kita lebih data driven," sebut Andreas.

Dikatakannya, hal paling menyenangkan dengan bisa fokus adalah, timnya selalu bersemangat untuk memikirkan bagaimana pengembangan selanjutnya dari layanan dan aplikasi mereka.

"Jadi selalu punya perubahan sekecil apapun, itu seru. Jadi bergerak terus, tiap minggu memikirkan perubahan apalagi. Kita timnya masih kecil juga jadi enak. Sedikit-sedikit bergerak nanti tau-tau kita udah jauh," ujarnya.

Sebagai salah satu startup lokal yang diboyong Google ke San Francisco melalui program Launchpad Accelerator, Andreas juga punya kesan tersendiri selama mengikuti bootcamp di sana.

Selain mendapat banyak masukan dari mentor, Andreas juga belajar banyak dari startup dari berbagai negara yang ditemuinya di sana. Dari ngobrol-ngobrol dengan sesama startup, Andreas bahkan punya kesempatan untuk memperluas pasar.

"Saling sharing itu bermanfaat banget. Ada (startup) dari Kenya, setelah ngobrol-ngobrol ternyata kita punya peluang pasar di sana. Kami juga ngobrol dengan yang dari Brazil, mereka bahkan dengan sukarela membuka channel untuk pasar kita di sana," sebut Andreas.

Menurutnya, kolaborasi semacam ini akan menciptakan progres komunitas yang lebih baik, tak hanya di lokal, tetapi juga hingga ke ranah internasional. (rns/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed