BERITA TERBARU
Rabu, 15 Mar 2017 09:15 WIB

Ada 48 Juta Akun Twitter Bukan Manusia

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Reuters/Kacper Pempel Foto: Reuters/Kacper Pempel
Jakarta - Praktik jual beli follower rasanya sudah lazim dilakukan di beberapa platform media sosial, termasuk di antaranya adalah Twitter. Karenanya, tak heran bila hampir 15% akun Twitter yang eksis adalah robot atau bot.

Pernahkah Anda mendapat notifikasi follow dari sebuah akun yang tidak Anda kenal? Atau mungkin notifikasi like juga dari akun asing? Percaya atau tidak, mungkin akun tersebut adalah bot.


Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Southern California dan Indiana University, ditemukan sebanyak 48 juta akun Twitter bot. Dengan demikian, dari total 319 juta akun Twitter yang aktif, sekitar sembilan sampai 15% merupakan akun bot.

Jumlah ini jelas merupakan dua kali lipatnya dari yang dipaparkan oleh perusahaan dengan menggunakan data dari lembaga Securities and Exchange Commision (SEC), di mana di tahun 2014 lalu ditemukan 8,5% akun ditengarai merupakan akun bot.

Hanya saja, peneliti mengingatkan bahwa jumlah 15% itu merupakan perkiraan konservatif, mengingat sifat canggih bot yang kompleks. Karenanya, terkadang bot pun bisa teridentifikasi sebagai pengguna sungguhan, dalam hal ini manusia. (mag/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Organda Protes Tarif Murah Ojek Online

    Organda Protes Tarif Murah Ojek Online

    Sabtu, 25 Mar 2017 19:19 WIB
    Alasan umum masyarakat memilih menggunakan ojek online adalah tarif yang terbilang cukup murah. Lantas, bagaimana Organda menyikapinya?
  • Terima SMS Tak Bisa Lagi Lewat Hangouts

    Terima SMS Tak Bisa Lagi Lewat Hangouts

    Sabtu, 25 Mar 2017 16:46 WIB
    Selain dipakai untuk mengirim dan menerima pesan instan melalui akun Google Talk, aplikasi Hangouts tadinya juga bisa dipakai untuk menerima pesan SMS.
  • Nokia Siap Serbu 120 Negara

    Nokia Siap Serbu 120 Negara

    Sabtu, 25 Mar 2017 14:45 WIB
    Baru bangkit tak menghentikan Nokia menginvasi pasar dunia. Merek asal Finlandia ini disebut bakal hadir di lebih dari seratus negara di dunia.