BERITA TERBARU
Senin, 13 Mar 2017 12:58 WIB

Uber Manfaatkan Selfie Jadi Fitur Keamanan Baru

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: BBC Magazine Foto: BBC Magazine
Jakarta - Guna meningkatkan rasa aman dan kenyamanan bagi penumpang, Uber menghadirkan fitur terbaru bernama Real Time ID Check. Sehingga penumpang tak perlu khawatir mendapatkan mitra pengemudi 'abal-abal'.

Real Time ID Check ini mengharuskan mitra pengemudi Uber melakukan selfie. Nanti hasil foto dari selfie itu akan dikroscek oleh pihak Uber.

Bukan sembarang selfie, karena fitur Real Time ID Check mengadopsi teknologi dari Microsoft's Face API dari Microsoft Cognitive Services. Teknologi tersebut mampu mendeteksi wajah dengan tingkat akurasi yang paling akurat.

Fitur Real Time ID Check ini menggunakan dua API, yaitu deteksi wajah dan verifikasi wajah. Untuk deteksi wajah bisa mendeteksi orang itu pakai kacamata atau tidak, dan mampu mengenalinya. Lalu, verifikasi wajah berupa membandingkan wajah yang dideteksi dengan wajah yang telah terverifikasi.

Uber mengatakan langkah itu untuk menghindari adanya mitra pengemudi yang berkompromi dengan oknum. Sekaligus memberikan kenyamanan bagi penumpang bahwa pengemudi yang menjemputnya memiliki identitas yang sama yang ada di aplikasi.

"Real Time ID Check untuk memastikan bahwa orang yang berada di belakang kemudi adalah orang yang tepat," ujar Product Manager Uber, Dima Kovalev dalam sesi video conference di Kantor Uber, Jakarta.

Keberadaan Real Time ID Check ini melengkapi fitur yang sudah ada, seperti share ETA dan trip status. Itu artinya, penumpang bisa membagi informasi kepada orang lain mengenai perjalanannya, mulai dari nama pengemudi, kendaraan dan platnya, hingga di mana posisinya.

Untuk mengembangkan fitur Real Time ID Check, Uber perlu waktu hingga 1,5 tahun sebelum merealisasikannya sebagai langkah awal di Amerika Serikat pada September 2016.

Dinilai telah berhasil dan cukup efektif dalam meningkatkan kenyamanan pengemudi serta penumpang, Uber mengekspansi fitur tersebut ke negara-negara lainnya, salah satunya Indonesia.

"Real Time ID Check hadir di Jakarta (Indonesia) serentak dengan negara-negara lainya pada hari Senin ini (13/3/2017)," sebutnya. (rou/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed