Senin, 06 Mar 2017 17:46 WIB

Mantan Presiden Iran Ahmadinejad Terpikat Twitter

Novi Christiastuti - detikInet
Foto: Press TV Foto: Press TV
Jakarta - Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad memiliki akun Twitter baru dan mulai aktif nge-tweet. Padahal semasa Ahmadinejad menjabat, pemerintahan Iran memblokir akses warganya terhadap Twitter.

Seperti dilansir CNN, Senin (6/3/2017), Ahmadinejad pertama kali memposting pesan via Twitter pada Minggu (5/3) waktu setempat, dengan akun @Ahmadinejad1956. Dia menggunakan Bahasa Inggris untuk kicauan pertamannya. Tagar '#Imontwitter' juga ditulisnya.

"In the name of God Peace be upon all the freedom loving people of the world #Imontwitter," kicau Ahmadinejad dalam pesan Twitter pertamanya.

Akun Twitter Ahmadinejad ini belum mendapat verifikasi dari Twitter, namun pada bagian profil akun Twitter itu terdapat tautan ke situs resmi Ahmadinejad, yakni www.ahmadinejad.ir. Pada profilnya, Ahmadinejad menuliskan dirinya sebagai suami, ayah, kakek, profesor universitas, presiden, wali kota dan warga Iran yang bangga.

Ahmadinejad menjabat Presiden Iran selama dua periode, yakni pada tahun 2005 hingga tahun 2013. Setelah dia terpilih pada periode kedua tahun 2009, demonstran antipemerintah menggunakan Twitter untuk berkoordinasi dan merencanakan Green Movement, yang terkadang disebut 'revolusi Twitter'.

Pemerintah Iran saat itu merespons dengan memblokir akses ke Twitter, Facebook dan beberapa media sosial lainnya. Meskipun warga Iran umumnya masih bisa mengakses Twitter via software VPN yang ilegal.

Sejak akhir tahun lalu, otoritas Iran mencabut sebagian larangan akses ke Twitter. Namun Iran masih memberlakukan penyensoran besar-besaran untuk akses ke internet. Sejumlah tokoh penting Iran, seperti Presiden Iran Hassan Rouhani kini menggunakan Twitter.

Untuk Ahmadinejad yang baru saja bergabung dengan Twitter, dia sudah memiliki 13.800 follower. Dari empat pesan yang telah dipostingnya, salah satunya menampilkan pesan video yang separuhnya berbahasa Inggris.

Dalam video itu, Ahmadinejad yang berdiri di sebelah bendera Iran memulai pesannya dengan mengucap Bismillah. "Follow me at @Ahmadinejad1956. That's me. Peace and love and best wishes," lanjutnya dalam bahasa Inggris, mengajak para pengguna Twitter lainnya untuk mem-follow dirinya.

Mendekati pemilu presiden Iran yang dijadwalkan pada Mei mendatang, beberapa pihak yang dekat dengan Ahmadinejad membujuknya untuk mencalonkan diri kembali. (nvc/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed