Rabu, 18 Jan 2017 12:55 WIB

Terbangkan Drone Dekat Pesawat, Pria Ini Ditangkap

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Sejumlah negara menerapkan kebijakan dan peraturan yang ketat terkait penerbangan drone, termasuk larangan menerbangkan drone di dekat bandar udara. Apabila melanggar, maka ancaman pidana siap menanti.

Seperti yang dialami oleh seorang pria asal China yang langsung ditangkap oleh pihak berwajib lantaran menerbangkan drone di dekat pesawat penumpang yang sedang terbang. Menurut laporan, drone itu terbang memasuki wilayah yang merupakan jalur mendarat dari pesawat sehingga sangat berbahaya bagi keselamatan penerbangan.

Usut punya usut, penangkapan terjadi setelah seseorang memajang video footage yang merekam aktivitas penerbangan sebuah pesawat di wilayah Zhejiang, China. Dalam video terlihat bahwa drone dengan model DJI Mavic Pro terbang sangat dekat dengan pesawat.

Video footage pesawat terbang ini sempat menjadi viral di media sosial Weibo. Tak lama kemudian, pihak kepolisian segera beraksi dan meringkuk pelaku penerbangan drone dengan tuntutan membahayakan keselamatan publik.



Capital Airlines selaku maskapai pemilik pesawat dalam video mengecam dan mengkritisi pelaku penerbangan drone tersebut. Mendengar ada kasus yang melibatkan salah satu produknya, pihak DJI pun angkat bicara.

"Video footage terbaru dari China mengkaim mengambil gambar dari pesawat tanpa awak dekat dengan pesawat komersil. Sebagai peerusahaan pemimpin fotografi udara, kami mengutuk penggunaan teknologi di daerah yang dilarang," tulis DJI dalam keterangan dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (18/1/2017). (mag/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed