BERITA TERBARU
Kamis, 17 Nov 2016 07:40 WIB

Orang Indonesia Doyan Jajan, Aplikasi Belanja Tumbuh Pesat

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Maraknya situs dan aplikasi e-commerce di Indonesia turut mengubah perilaku belanja masyarakat Indonesia, yang tadinya konvensional kini menjadi serba online. Inilah yang menjadikan aplikasi shopping menjadi aplikasi paling populer di Indonesia.

Menurut Danielle Levitas, SVP Research & Marcom App Annie, populernya aplikasi di sebuah negara tergantung dari kebiasaan masyarakat di negaranya itu sendiri. Di Indonesia, aplikasi yang populer sebenarnya tak jauh berbeda dengan negara pada umumnya.

"Secara keseluruhan kategori aplikasi yang diminati di Indonesia hampir sama dengan negara-negara lain. Produktivitas, komunikasi, hiburan, dan belanja. Namun, ada beberapa kategori yang Indonesia ini memiliki pertumbuhan yang lebih pesat, yakni belanja," tutur Danielle dalam wawancara ekslusif kepada detikINET di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Dalam dua tahun terakhir, aplikasi shopping tumbuh 530% dalam hal time spent atau waktu yang dihabiskan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Hal ini berbanding jauh dengan pertumbuhan di global yang hanya mencapai 120%.

Aplikasi belanja yang dimaksud meliputi Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya. Namun App Annie mencatat bila dibandingkan dengan dua aplikasi di atas, Shopee memiliki pertumbuhan yang lebih pesat.

"Pertumbuhan mereka fenomenal. Jumlah pengguna bulanan tumbuh 15 kali lipat dalam 12 bulan terakhir. Jumlah rata-rata pengguna menghabiskan waktu di aplikasi lebih banyak dari tahun lalu," ujar Danielle.

Tak hanya belanja, aplikasi transportasi dan konunikasi juga mengalami pertumbuhan yang juga dinilai pesat. "Di Indonesia, lebih dari 15 kali time spent tumbuh dibandingkan tahun lalu. Salah satunya adalah WhatsApp, BBM, dan Grab," pungkasnya. (mag/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed