BERITA TERBARU
Kamis, 17 Nov 2016 07:40 WIB

Orang Indonesia Doyan Jajan, Aplikasi Belanja Tumbuh Pesat

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Maraknya situs dan aplikasi e-commerce di Indonesia turut mengubah perilaku belanja masyarakat Indonesia, yang tadinya konvensional kini menjadi serba online. Inilah yang menjadikan aplikasi shopping menjadi aplikasi paling populer di Indonesia.

Menurut Danielle Levitas, SVP Research & Marcom App Annie, populernya aplikasi di sebuah negara tergantung dari kebiasaan masyarakat di negaranya itu sendiri. Di Indonesia, aplikasi yang populer sebenarnya tak jauh berbeda dengan negara pada umumnya.

"Secara keseluruhan kategori aplikasi yang diminati di Indonesia hampir sama dengan negara-negara lain. Produktivitas, komunikasi, hiburan, dan belanja. Namun, ada beberapa kategori yang Indonesia ini memiliki pertumbuhan yang lebih pesat, yakni belanja," tutur Danielle dalam wawancara ekslusif kepada detikINET di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Dalam dua tahun terakhir, aplikasi shopping tumbuh 530% dalam hal time spent atau waktu yang dihabiskan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Hal ini berbanding jauh dengan pertumbuhan di global yang hanya mencapai 120%.

Aplikasi belanja yang dimaksud meliputi Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya. Namun App Annie mencatat bila dibandingkan dengan dua aplikasi di atas, Shopee memiliki pertumbuhan yang lebih pesat.

"Pertumbuhan mereka fenomenal. Jumlah pengguna bulanan tumbuh 15 kali lipat dalam 12 bulan terakhir. Jumlah rata-rata pengguna menghabiskan waktu di aplikasi lebih banyak dari tahun lalu," ujar Danielle.

Tak hanya belanja, aplikasi transportasi dan konunikasi juga mengalami pertumbuhan yang juga dinilai pesat. "Di Indonesia, lebih dari 15 kali time spent tumbuh dibandingkan tahun lalu. Salah satunya adalah WhatsApp, BBM, dan Grab," pungkasnya. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.