BERITA TERBARU
Sabtu, 01 Okt 2016 08:34 WIB

BRI Gandeng Startup Bikin Layanan Finansial Digital

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Sejalan dengan program pemerintah, BRI turut ambil bagian dalam menumbuhkembangkan dunia startup di Tanah Air. Untuk itu, mereka menggelar BRI Digital Challenge.

Lewat ajang ini, para startup ditantang berinovasi memecahkan berbagai macam permasalahan layanan keuangan melalui solusi digital. Sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan keuangan, khususnya para pelaku UMKM.

"Fenomena yang terjadi saat ini adalah banyak hal-hal kecil yang dapat dioptimalkan menggunakan teknologi seperti proses berjalannya usaha kecil, urusan pembayaran yang menggunakan sistem cashless yang kini bisa dirasakan dari perkotaan sampai ke pelosok dan berbagai hal lainnya yang bisa dimaksimalkan dengan penggunaan teknologi yang tepat," kata Hari Siaga Amijarso Corporate Secretary BRI seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima detikINET, Sabtu (1/10/2016).

"Melihat bahwa saat ini semakin banyak masyarkat Indonesia yang paham akan teknologi, kami ingin memanfaatkan BRI Digital Challenge ini untuk mendongkrak kreatifitas untuk meningkatkan produktifitas, efiesiensi sekaligus kualitas hidup masyarakat dengan menciptakan teknologi aplikasi yang bermanfaat" imbuh Hari.

Ada empat tema besar yang dibawa BRI Digital Challenge, yakni empowering UMKM, empowering cashless society, empowering c-generation, dan empowering rural society dengan pemanfaatan satelit BRI (BRIsat)

Rangkaian kegiatan BRI Digital Challenge sendiri dimulai 19 Agustus lalu dengan dibukanya proses submisi ide produk atau aplikasi. Sebanyak 792 ide disodorkan oleh lebih dari 1.500 pengambang.

Para peserta tersebut tidak saja datang dari berbagai daerah di Indonesia. BRI mencatat ada sejumlah peserta dari berbagai negara, terjauh berasal dari Amerika Serikat.

Semua ide yang masuk kemudian dilakukan penyaringan. Pada 15 September lalu, BRI mengumumkan 121 ide yang usung 375 pengembang untuk melaju ke proses akhir. Jumlah ide yang diambil disesuaikan dengan usia BRI yang menginjak 121 tahun pada 16 Desember 2016.

Puncak acaranya sendiri adalah hackathon day. Kegiatan ini akan berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten pada 30 Sepetmber hingga 1 Oktober 2016. Para finalis BRI Digital Challenge bakal memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 295 Juta. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.