Selasa, 26 Jul 2016 19:00 WIB

Marissa Mayer Ungkap Diskriminasi Gender CEO Perempuan

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
FOKUS BERITA Yahoo Dijual
Jakarta - Penjualan Yahoo oleh Verizon menyimpan cerita lain bagi sang CEO Marissa Mayer. Seksisme menurutnya masih menjadi isu yang sulit dihindari CEO perempuan di dunia teknologi.

Dalam sebuah wawancara dengan Financial Times setelah pengumuman akuisisi Yahoo oleh Verizon, dia mengkritik pemberitaan mengenai dirinya dan Yahoo yang berbau diskriminasi gender.

Mayer termasuk dalam 4% CEO wanita dalam daftar 1.000 perusahaan terbaik versi Fortune yang sangat diamati, baik oleh investor maupun media. Bahkan sebelum kepemimpinannya di Yahoo, media sudah sangat tertarik pada Mayer, karena dia adalah salah satu dari sedikit eksekutif wanita di Google.

"Saya berusaha untuk menutup mata terhadap persoalan gender dan percaya bahwa teknologi adalah zona yang netral terhadap gender. Namun saya pikir ada semacam pemberitaan berbau diskriminasi gender," kata Mayer seperti dikutip detikINET dari Fortune, Selasa (26/7/2016).

"Kita semua melihat hal-hal yang hanya ingin mengganggu pemimpin perempuan. Seperti artikel yang fokus pada penampilan mereka. Misalnya, Hillary Clinton memakai pakaian olahraga baru. Saya rasa semua wanita menyadari itu. Saya harap di 2015 dan 2016, tidak banyak artikel semacam itu. Memalukan," sambungnya.

Mayer punya pandangan berbeda ketika tahun lalu, dia sempat berbicara kepada Backchannel bahwa gender tidak memainkan peran besar baginya sebagai CEO industri teknologi. Komentar Mayer saat itu mengejutkan berbagai kalangan, mengingat faktanya, marak kritikan terhadap kesenjangan gender di lingkungan Silicon Valley.

Dalam pernyataannya pasca pengumuman akuisisi, Mayer menegaskan rencananya untuk tetap berada di Yahoo. "Saya mencintai Yahoo dan bersemangat untuk melihat perubahan selanjutnya," ujarnya.

Untuk sementara, Mayer masih akan memimpin Yahoo dalam periode transisi. Termasuk membantu integrasi bisnis Yahoo dan AOL (perusahaan internet anak usaha Verizon) ke dalam satu payung bisnis mobile dan online digital. Meski demikian, banyak yang memprediksi Mayer tidak akan mempertahankan gelar kepemimpinannya. (rns/ash)
FOKUS BERITA Yahoo Dijual

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..