BERITA TERBARU
Selasa, 26 Jul 2016 15:24 WIB

Yahoo Dijual

Bagaimana Nasib Pengguna Yahoo?

Ardhi Suryadhi - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
FOKUS BERITA Yahoo Dijual
Jakarta - Dijualnya Yahoo ke Verizon pasti memunculkan berbagai imbas. Entah dari level pimpinan, karyawan atau mungkin dampaknya sampai ke Anda, pengguna setia Yahoo.

Sayangnya, pihak Yahoo atau Verizon sejauh ini masih belum berbicara banyak seputar perubahan yang bakal terjadi terhadap produk Yahoo yang digunakan pengguna.

Namun dalam berbagai pernyataan, Verizon menegaskan bakal tetap mempertahankan brand Yahoo. Terlebih brand sang pionir di jagat internet ini diyakini masih punya loyalitas pelanggan yang tidak sedikit.

Detroit News juga melansir jika perubahan besar-besaran diyakini belum akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Ya, setidaknya ketika proses transisi di antara Yahoo dan AOL — layanan internet milik Verizon — dilangsungkan.

CEO Yahoo Marissa Mayer pun masih akan memimpin Yahoo dalam periode transisi. Termasuk membantu integrasi bisnis Yahoo dan AOL ke dalam satu payung bisnis mobile dan online digital. Namun tidak bisa dipastikan nasib Mayer setelah proses transisi rampung.

Email Yahoo

Analis eMarketer Paul Verna menilai, layanan email Yahoo tak akan serta merta dimatikan. Sebab, ini merupakan layanan online Yahoo yang masih seksi di mata pengguna.

Di Amerika Serikat misalnya, email Yahoo jadi populer kedua setelah Gmail milik Google. Popularitas tinggi pun masih dipegang Yahoo Mail di Eropa dan Amerika Latin.

"Karena itu akan sangat masuk akal jika Verizon mempertahankan brand tersebut (email Yahoo)," ujar Verna.

Apa yang dilakukan Verizon saat mengakuisisi AOL senilai USD 4,4 miliar pada Mei 2015 silam juga bisa menjadi pegangan. Dimana saat itu, pengguna email AOL tak perlu direpotkan untuk mengganti alamat email mereka. Bahkan, Verizon memberi tambahan kapasitas bagi pengguna email AOL.

Jadi, analis dari Outsell Randy Giusto meyakini jika Verizon selaku pemilik baru Yahoo tak akan membuat strategi yang 'bodoh' dengan mengorbankan 225 juta pengguna layanan email Yahoo. Ya, setidaknya dalam waktu dekat.

Sebab, jika melihat ke belakang, Yahoo dan Google pernah punya rekam jejak mematikan layanan mereka meski masih memiliki jutaan pengguna. Alasannya sederhana, tidak sesuai dengan strategi perusahaan.

Namun Giusto memprediksi, Verizon butuh waktu untuk membuat perubahan di layanan Yahoo, termasuk untuk menggenjot properti baru.

Yahoo Sports, Finance dan Tumblr

Produk lain yang juga dipercaya tak bakal dimatikan adalah layanan konten Yahoo Finance dan Sports. Dua layanan ini masih tinggi menyumbang trafik bagi Yahoo.

Di sisi lain, salah satu misi Verizon ketika meminang Yahoo adalah untuk memperkuat platform media dan periklanan digital mereka. Dimana trafik tinggi sangat berperan di sini.

Mike McCormack, analis dari Jefferies mengungkapkan, dalam sebulan, Yahoo bisa meraup 1 miliar pengguna aktif, termasuk di dalamnya 600 juta pengguna mobile. Angka-angka itu tentu jadi faktor penting ketika menyodorkan properti iklan digital.
CEO Yahoo Marissa Mayer.

Sementara untuk Tumblr, kemungkinan bisa jadi sebuah pengecualian. Yahoo sebelum akuisisi ini terjadi masih berhitung soal nasib Tumblr. Terutama soal imbas dari anjloknya valuasi layanan blog tersebut.

Setelah dibeli Yahoo senilai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun pada tahun 2013 silam, Tumblr justru kepayahan. Dalam laporan keuangan terbarunya, Yahoo memutuskan melakukan pemangkasan nilai Tumblr sebesar USD 482 juta. Padahal Februari lalu, nilai Tumblr juga sudah diturunkan Yahoo sebesar USD 230 juta.

Dikutip detikINET dari Business Insider, Yahoo tampaknya sudah tidak terlalu menganggap Tumblr. Pendapatan dan cash flow Tumblr mereka prediksi makin anjlok di masa depan.

"Tumblr sepertinya akan menjadi akuisisi teknologi terburuk dekade ini dan menggambarkan seperti apa kepemimpinan Mayer sebagai CEO," kata Scott Galloway, profesor marketing di New York University.

Scott menilai kalau sedari awal, Yahoo membeli Tumblr terlalu mahal. Saat dibeli tahun 2013 itu, Tumblr dalam situasi mengalami rugi. Tumblr juga memiliki citra buruk karena banyak blog bernuansa mesum. Itu membuat pengiklan enggan berpromosi melalui Tumblr.

(ash/fyk)
FOKUS BERITA Yahoo Dijual
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed