Kamis, 02 Jun 2016 11:06 WIB

Ikuti Bill Gates, Pendiri Airbnb Sumbangkan Kekayaan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Inc Foto: Inc
Jakarta - Makin banyak miliarder yang mau menyumbangkan sebagian besar kekayaannya. Terakhir, tiga pendiri layanan sewa kamar online Airbnb, bergabung dalam program amal Giving Pledge besutan Bill Gates.

Tiga pendiri Airbnb tersebut adalah Brian Chesky, Joe Gebbia dan Nathan Blecharczyk. Ketiganya berjanji akan memberikan mayoritas kekayaan mereka yang totalnya USD 10 miliar untuk kemanusiaan.

"Aku ingin membantu lebih banyak anak menyadari seperti apa perjalanan hidupku. Aku ingin menunjukkan pada mereka bahwa impian mereka tidak terbatasi oleh apapun," kata Chesky yang juga CEO Airbnb, dikutip detikINET dari Tech Insider.

Inisiatif Giving Pledge digagas oleh Bill Gates, Melinda Gates serta miliarder Warren Buffet. Para partisipan diwajibkan melakukan donasi sedikitnya separuh dari harta kekayaannya yang bisa dilakukan saat masih hidup atau setelah meninggal. Mereka bisa memilih sendiri isu kemanusiaan atau yayasan apa yang ingin dibantu.

Program tersebut ternyata sukses besar, banyak miliarder yang sebagian besar berasal dari Amerika Serikat bergabung. Di antaranya adalah nama nama tenar seperti Mark Zuckerberg, Paul Allen, Michael Bloomberg, Larry Ellison, Ted Turner sampai Elon Musk.

Selain trio pendiri Airbnb, ada 17 nama orang kaya lain yang menambah daftar partisipan Giving Pledge. Bill Gates sendiri merasa senang dengan keinginan mulia ketiga sosok anak muda cerdas tersebut.

"Salah satu tujuan dari Giving Pledge adalah mendorong agar orang mulai menyumbang sejak dini, jadi bagus memiliki lebih banyak anak muda yang bergabung. Airbnb adalah perusahaan yang masih tumbuh, namun Brian, Nathan dan Joe mengirim sinyal penting dengan terlibat di filantropi sekarang juga," kata Gates.

Airbnb sendiri adalah salah satu startup paling potensial saat ini. Mereka menyewakan kamar secara online di banyak negara, dengan tarif kompetitif. (fyk/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed