BERITA TERBARU
Selasa, 25 Agu 2015 12:08 WIB

Ultah ke-24 Linux: Jauh di Hati, Dekat di Mata

Rachmatunisa - detikInet
Jakarta -

Tepat pada 25 Agustus pada 24 tahun lalu, proyek Linux pertama kali diumumkan oleh penciptanya Linus Torvalds. Kini, sistem operasi terbuka tersebut sudah semakin berkembang dan dipakai banyak orang.

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe UNIX. Semula, sistem operasi ini adalah buah dari hobi yang selama ini digeluti Torvalds. Itu sebabnya, dia tidak berminat untuk membesarkan proyek tersebut.

Sasaran Linux kala itu adalah para pengguna Minix. Torvalds pun berharap mendapatkan masukan dari para pengguna. Torvalds mencoba menggali hal yang disukai dan yang tidak dari Minix. Selanjutnya, masukan ini dia terapkan pada Linux.

Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan open source utama. Seperti perangkat lunak bebas dan open source lain pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Sistem operasi ini sudah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems.

Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer dan sistem yang dibenamkan seperti pembaca buku elektronik, sistem video game seperti PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox, smartphone dan router.

Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan sistem operasi ini tidak bergantung kepada vendor, biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan software open source.

Dikutip dari News Softpedia, Selasa (24/8/2015), Linux kini ada di mana-mana, namun banyak orang tak menyadarinya. Anda menggunakan Linux ketika melakukan pencarian Google atau jika di negara-negara maju, Linux digunakan ketika membeli tiket kereta misalnya. Sebenarnya seluruh internet ditenagai oleh Linux.

Linux ada di perangkat pintar yang dipakai di rumah, router WiFi menggunakan Linux, dan ini yang mendunia saat ini, ponsel Android Anda ditenagai Linux. Mungkin Anda juga menggunakan Linux di tempat kerja namun banyak orang tidak menyadari. Istilahnya, jauh di hati, dekat di mata.

Selamat ulang tahun Linux!

 

(rns/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed