Jumat, 21 Agu 2015 11:40 WIB

Data Center Google Disambar Petir

Rachmatunisa - detikInet
(Getty Images) (Getty Images)
Jakarta - Terkena sambaran petir bisa menjadi bencana bagi siapa saja, termasuk pada raksasa internet Google. Beruntung insiden ini tak sampai memakan korban jiwa. Namun karenanya, Google kehilangan banyak data.

Ya, pasalnya petir menyambar salah satu data center Google yang ditempatkan di Belgia. Sejumlah disk di sana rusak setelah data center disambar petir sebanyak empat kali.

Akibatnya, file yang disimpan di disk yang rusak tersebut tidak lagi dapat diakses. Dijelaskan Google, sambaran petir sebenarnya tidak mengarah langsung ke data center, melainkan jaringan listrik lokal.

Namun tetap saja, seperti dikutip detikINET dari BBC, Jumat (21/8/2015), data center Google ikut terkena akibatnya. Pada umumnya, data center memang memerlukan proteksi petir ekstra dibandingkan bangunan lain.

"Satu kabel saja bisa merusak apapun yang jaraknya berkilometer jauhnya, lalu mempengaruhi data cente," sebut Justin Gale, selaku Project Manager layanan perlindungan gedung Orion.

Ditambahkannya, sambaran petir bisa menyerang listrik atau kabel telekomunikasi yang terhubung ke sebuah bangunan di kejauhan dan bisa menyebabkan gangguan.

(rns/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • FIFA 18 Tuai Pujian, Tapi..

    FIFA 18 Tuai Pujian, Tapi..

    Senin, 25 Sep 2017 08:26 WIB
    Setelah PES 2018, jagat game kembali diramaikan oleh FIFA 18. Meski baru dirilis 29 September, sejumlah review sedikit-banyak telah menggambarkan game ini.
  • Nokia 8 Versi RAM 6 GB Siap Meluncur

    Nokia 8 Versi RAM 6 GB Siap Meluncur

    Senin, 25 Sep 2017 08:05 WIB
    Nokia 8 sempat diremehkan karena hanya memiliki RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Kini HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia mengkonfirmasi versi RAM 6 GB.
  • photo Menyusuri Beijing dengan Mi Mix 2 FotoINET

    Menyusuri Beijing dengan Mi Mix 2

    Minggu, 24 Sep 2017 08:25 WIB
    Kamera belakang Mi Mix kualitasnya tak bisa dibilang bagus. Namun di Mi Mix 2, kualitas kameranya jauh meningkat. Seperti ini contoh jepretannya.
  • Inikah Wujud BlackBerry Krypton?

    Inikah Wujud BlackBerry Krypton?

    Minggu, 24 Sep 2017 18:05 WIB
    Rumor BlackBerry akan membuat smartphone berbasis sistem operasi Android dengan layar penuh sudah tersiar sejak lama, yang bernama Krypton.
  • Hacker Rusia Dituding Usik Pilpres AS 2016

    Hacker Rusia Dituding Usik Pilpres AS 2016

    Minggu, 24 Sep 2017 16:20 WIB
    Pemerintah Amerika Serikat seringkali menuding Rusia terkait urusan serangan cyber, dan kali ini mereka menuduh hacker Rusia telah mengusik Pilpres AS 2016.