Rabu, 20 Mei 2015 15:59 WIB

Gedung Putih Mau Intip Data Enkripsi Google cs

Rachmatunisa - detikInet
Jakarta - Sejumlah raksasa teknologi termasuk Apple dan Google baru-baru ini mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Isinya, menolak proposal legislatif yang memungkinkan pejabat pemerintah mengakses data smartphone yang sudah dienkripsi.

"Kami meminta Gedung Putih fokus mengembangkan kebijakan yang mendukung, ketimbang merusak teknologi enkripsi yang sudah diadopsi secara luas. Kebijakan semacam ini akan lebih mendukung dan melindungi keamanan cyber, petumbuhan ekonomi dan hak asasi manusia baik di sini maupun di negara lain," tulis mereka.

Seperti dikutip dari Time, Rabu (20/5/2015), pemerintahan Obama keberatan atas kebijakan enkripsi yang diterapkan perusahaan teknologi. Alasannya, hal ini berpotensi menghambat kepolisian atau badan intelijen melacak informasi berkaitan dengan aksi terorisme maupun tindak kriminal lain.

Badan investigasi Amerika Serikat FBI bahkan meminta perusahaan teknologi seperti Google dan Apple menyediakan semacam back door pada software mereka, yang memungkinkan para penegak hukum bisa melewati enkripsi dan mengakses data yang diperlukan.

Perdebatan mengenai metode enkripsi bermula di 2013, setelah ahli mantan anggota NSA Edward Snowden mengungkapkan bahwa National Security Agency (NSA) bisa mengakses email, percakapan telepon bahkan menyadap ponsel dan video chat.

(Rachmatunisa/Ardhi Suryadhi)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • FIFA 18 Tuai Pujian, Tapi..

    FIFA 18 Tuai Pujian, Tapi..

    Senin, 25 Sep 2017 08:26 WIB
    Setelah PES 2018, jagat game kembali diramaikan oleh FIFA 18. Meski baru dirilis 29 September, sejumlah review sedikit-banyak telah menggambarkan game ini.
  • Nokia 8 Versi RAM 6 GB Siap Meluncur

    Nokia 8 Versi RAM 6 GB Siap Meluncur

    Senin, 25 Sep 2017 08:05 WIB
    Nokia 8 sempat diremehkan karena hanya memiliki RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Kini HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia mengkonfirmasi versi RAM 6 GB.
  • photo Menyusuri Beijing dengan Mi Mix 2 FotoINET

    Menyusuri Beijing dengan Mi Mix 2

    Minggu, 24 Sep 2017 08:25 WIB
    Kamera belakang Mi Mix kualitasnya tak bisa dibilang bagus. Namun di Mi Mix 2, kualitas kameranya jauh meningkat. Seperti ini contoh jepretannya.
  • Inikah Wujud BlackBerry Krypton?

    Inikah Wujud BlackBerry Krypton?

    Minggu, 24 Sep 2017 18:05 WIB
    Rumor BlackBerry akan membuat smartphone berbasis sistem operasi Android dengan layar penuh sudah tersiar sejak lama, yang bernama Krypton.
  • Hacker Rusia Dituding Usik Pilpres AS 2016

    Hacker Rusia Dituding Usik Pilpres AS 2016

    Minggu, 24 Sep 2017 16:20 WIB
    Pemerintah Amerika Serikat seringkali menuding Rusia terkait urusan serangan cyber, dan kali ini mereka menuduh hacker Rusia telah mengusik Pilpres AS 2016.