BERITA TERBARU
Rabu, 11 Feb 2015 13:58 WIB

Canggih! Robot 'Anjing' Google Tak Jatuh Walau Ditendang

- detikInet
Spot (youtube) Spot (youtube)
Jakarta - Melalui perusahaan Boston Dynamics yang diakuisisinya, Google kini turut mengembangkan teknologi robot. Baru-baru ini, Boston Dynamics memperkenalkan robot canggih yang mampu mendaki tangga, berjalan di dalam ruangan dan tak jatuh walau ditendang dengan keras.

Spot, begitu nama robot tersebut yang bentuknya seperti hewan berkaki empat. Sebenarnya, Boston Dyamics sudah cukup lama mengembangkan robot jenis ini dengan versi besarnya dinamakan Big Dog.

Dikutip detikINET dari Independent, Rabu (11/2/2015), Spot dirancang lebih canggih dan lebih ramping. Sehingga makin lincah dan bisa bermanuver di dalam ruangan. Juga mampu menjelajah medan berat dengan lebih mudah dibandingkan Big Dog.

Sensor yang diletakkan di kepala sang robot membantunya navigasi di medan terjal dan untuk mengenali jika ada manusia atau robot lain di sekitar. Di masa depan, kemungkinan robot semacam ini akan membantu militer Amerika Serikat di medan pertempuran.

Boston Dynamics memang mendapat kontrak dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengembangkan robot canggih. Tahun 2013, mereka dibeli Google dengan nilai yang tak disebutkan.

Selain robot jenis Big Dog, mereka juga membuat robot lain yang tak kalah canggihnya. Termasuk robot berbentuk manusia dan robot cheetah yang dirancang mampu berlari kencang.

Penasaran melihat seperti apa kemampuan robot Spot? Saksikan dalam video berikut ini.



(fyk/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed