Senin, 29 Sep 2014 19:22 WIB

Blusukan Online ala Onno Purbo

- detikInet
Onno W. Purbo (rou/detikINET) Onno W. Purbo (rou/detikINET)
Jakarta - Tak hanya menghadirkan kuliah IT secara gratis di situs cyberlearning.web.id, Onno Widodo Purbo bersama Yayasan Cyberpreneur Indonesia juga memperkenalkan metode web seminar (webinar) dengan nama Blusukan Online.

"Ke depan, Blusukan Online akan terus dikembangkan kemampuannya. Bukan hanya sekedar menambah server, Blusukan Online bersama Onno Center akan berkembang menjadi beberapa bentuk kegiatan," papar Onno di Jakarta, Senin (29/9/2014).

Bentuk kegiatan yang dimaksud ada empat metode. Blusukan Online Conference, Blusukan Online Web, Blusukan Online Streaming, dan terakhir Blusukan Online On Air.

Blusukan Online Conference merupakan kegiatan interaktif audio visual berbasis web dengan server terpusat dengan jumlah partisipan atau peserta hingga 1.000 orang serentak sekaligus dan bisa diakses dari mana saja asalkan terhubung ke internet dengan bandwidth minimal 512 Kbps.

Sementara Blusukan Online Web adalah sistem informasi berbasis Web atau portal kegiatan yang tujuannya melakukan identifikasi atau monitoring tingkat 'kegalauan' pengguna dunia maya terhadap sesuatu produk atau layanan. Baik layanan publik, pemerintahan maupun swasta.

Melalui Blusukan Online Web ini juga bisa diperoleh indikasi awal terhadap informasi produk atau layanan berupa respon pengguna, baik positif maupun negatif, di dunia maya.

Khusus untuk pemerintah, Blusukan Online Web memberikan kemudahan bagi pemerintah untuk mengetahui isu-isu yang paling dominan di masyarakat, berdasarkan fakta dan data secara instan, lengkap dengan pengaturan prioritas secara otomatis.

Sedangkan Blusukan Online Streaming adalah kegiatan-kegiatan mengunggah atau mendownload file audio visual berbasis web di dunia internet dengan server terpusat dan sistem informasi berbasis web secara terpadu.

Misalnya, seperti yang dilakukan oleh portal layanan streaming smk.tv. Nantinya, Onno Center akan membuat layanan yang sama agar masyarakat, terutama di dunia IT dan pendidikan untuk mengisi video streaming yang bermanfaat bagi banyak orang.

Terakhir, Blusukan Online On Air merupakan kegiatan kolaborasi mempublikasikan materi audio visual, baik streaming, recording, maupun live, berbasis internet yang ditayangkan secara on-the-air melalui saluran TV satelit maupun segala jenis TV channel, sehingga seluruh pengguna dunia maya dan pemirsa TV dapat menyaksikan tayangan yang sama, di waktu yang bersamaan pula.

"Melalui cyberlearning ini, gue berharap bisa ikut melakukan percepatan dalam mencerdaskan bangsa. Sejak kita kenalin satu minggu belakangan ini, apalagi sejak diramein sama detikINET, sampai hari ini sudah lebih dari 8.000 orang yang bergabung dalam cyberlearning," pungkas Onno.

(rou/ash)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed