Rabu, 10 Jul 2013 17:26 WIB

3 Kampiun StartUp Weekend Jakarta

- detikInet
Peserta StartUp Weekend Jakarta (dok. Grupara) Peserta StartUp Weekend Jakarta (dok. Grupara)
Jakarta - Startup Weekend Jakarta yang berlangsung di @america & Prasetiya Mulya Business School ditutup oleh kemenangan tiga tim terbaik. Mereka adalah Bill.E (juara 1), Pulse.co.id (juara 2) dan DapurCity (Juara 3).

Pada hari pertama, ada 30 ide yang dipresentasikan, 120 orang entrepreneur dan kontestan, serta 50 penonton (investor, komunitas @america, dan publik).

Para kontestan mayoritas masih baru dalam dunia teknologi yang ingin mempelajari bagaimana cara membangun bisnis startup yang menguntungkan dan berguna untuk banyak orang. Tetapi ada juga yang sudah pengalaman dalam membangun startup maupun bekerja di perusahaan teknologi ternama.

Campuran orang bisnis, programmer, dan desainer sangat baik dan memiliki rasio 3:1:2. Dari seluruh 30 ide tersebut akhirnya beberapa ide yang tidak dilanjutkan mereka gabung hingga akhirnya 12 tim terbentuk.

Ini adalah daftar tim dalam acara Startup Weekend Jakarta:

1. Sekolah PD
Sebuah website dimana pelajar sekolah dapat mencari guru les dari banyak pilihan yang ada.
2. GooGetit
Aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam mencapai impiannya dengan bantuan dan dukungan dari rekan-rekan di social network tersebut.
3. Downtown Cross Training
Aplikasi mobile yang bersifat lokasi untuk membantu menyambungkan olahragawan untuk melakukan kegiatan olahraga bersama.
4. Patungan
Wadah untuk melakukan patungan dalam membiayai sesuatu bersama.
5. TKZI
Aplikasi mobile untuk pemesanan taksi dan mengetahui estimasi harga perjalanan.
6. Bill.E
Mendigitalisasikan bon atau struk pembelian untuk mempermudah penghitungan pengeluaran bulanan.
7. DapurCity
Aplikasi untuk membantu rumah tangga dalam membangun bisnis makanan rumahan. Bersifat seperti AirBnB.com tetapi fokus dalam penyediaan makanan.
8. Lentera
Media internet untuk belajar yang bersifat edukatif.
9. Pulse
Gelang yang dapat menyimpan data aktifitas sehari-hari dan dikirimkan ke website. Seperti Nike Fuel & Jawbone Up tetapi dengan harga yang lebih murah.
10.InvitationHero
Penyedia layanan untuk mencetak undangan bersifat online.
11.Favoureats
Media untuk mengumpulkan data-data dan foto-foto makanan yang terkurasi dengan baik.
12.Team Match
Website untuk mempertemukan lawan olah raga seperti futsal, basket, tinju, dan segala macam olah raga.

Jadi pada hari kedua dan ketiga, para tim berusaha membangun produk dan model usaha untuk dilombakan. Dan di hari berikutnya dipamerkan kepada para juri.


Para juri adalah Rama Mamuaya (CEO DailySocial), Stefan Jung (Managing Director Rocket Internet Asia), Fajar Budiprasetyo (COO Icehouse), Richard Fang (CCO Weekend Inc), dan Aulia Masna (Editor in Chief DailySocial).

Tak diduga ternyata mentor yang ingin membantu tim-tim tersebut bertambah, berasal dari Indonesia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Total ada 20 mentor dalam program Startup Weekend Jakarta 2013.

Startup Weekend Jakarta sendiri merupakan sebuah program yang dijalankan oleh Grupara Inch, sebuah perusahaan investasi dalam tahap UKM yang dipayungi oleh perusahaan raksasa, Medco Group.


(ash/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed