BERITA TERBARU
Jumat, 19 Okt 2012 14:18 WIB

Megaupload 'Bangkit dari Kubur'

- detikInet
MegaUpload (Ist) MegaUpload (Ist)
Jakarta - Dari puing-puing Megaupload yang tersisa, Kim Dotcom membangkitkan kembali situsnya tersebut. Menggunakan nama Mega, situs berbagi file yang baru diklaim lebih cerdik menghindari 'penggerebekan'.

Fungsi Mega sama seperti Megaupload. Namun belajar dari pengalaman, Kim membuatnya lebih aman, terutama dari campur tangan pemerintah. Bagaimana cara kerjanya?

Dilansir Gizmodo dan dikutip detikINET, Jumat (19/10/2012), file yang diupload ke Mega akan dienkripsi. Hanya si pengguna yang punya semacam 'unique key' untuk membukanya.

Mega disebut-sebut lebih pintar dari MegaUpload. Jika pihak berwenang 'mengetuk pintu' data center atau jika seseorang meretasnya, mereka tidak akan mendapatkan apa-apa. "Apapun yang diupload ke situs, akan tetap tertutup dan privat," kata Kim.

Pada dasarnya, hukum tidak memiliki entitas bertindak lebih jauh. Mereka juga tidak bisa menindak Mega, karena Mega sendiri tidak tahu apa yang ada di server mereka.

Dikatakan Kim, satu-satunya yang bisa membuat cara ini menjadi ilegal adalah jika hukum membuat enkripsi menjadi sesuatu yang melanggar hukum.

Seperti diketahui, Kim ditangkap di Selandia Baru setelah Megaupload resmi ditutup Januari silam. Situs berbagi file miliknya ini dianggap melanggar hak cipta.

Parahnya, semua data milik pengguna yang ada di dalamnya tidak bisa dikembalikan. Pasalnya, sejak Megaupload dianggap melanggar hukum, semua data disita dan menjadi properti milik pemerintah AS.

Jika si pengguna sangat menginginkan datanya dikembalikan, mereka memerlukan bantuan pengacara dan membayar sejumlah uang. Megaupload tercatat memiliki 1.103 server dan menyimpan sekitar 28 petabyte data.




(rns/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.