Senin, 24 Sep 2012 11:31 WIB

Iran Siap Jalankan Jaringan Internet Pribadi

- detikInet
Iran - Iran memilih untuk memisahkan diri dari jaringan internet seluruh dunia, mereka pun membuat jaringan internet pribadi yang hanya bisa diakses oleh warga dan pemerintah lokal.

Ya, pemerintah Iran sepertinya semakin serius untuk mengendalikan internet warganya. Tak puas hanya dengan memblokir sejumlah layanan seperti Twitter atau Facebook, mereka juga ingin memindahkan seluruh akses internasional menjadi domestik.

Masa transisi perpindahan itu memang tidak sebentar, pemerintah Iran menargetkan pada Maret 2013 seluruh persiapan akan rampung, dan mereka resmi menggunakan jaringan internet pribadi.

"Dalam beberapa hari seluruh instansi pemerintah dan kantor akan terhubung ke jaringan informasi nasional," kata Ali Hakim-Javadi, Wakil menteri Komunikasi dan Teknologi Iran. Seperti dikutip detikINET dari guardian, Senin (24/9/2012).

Keputusan pemerintah Iran itu memang menuai pro dan kontra, sebagian merasa maklum lantaran Iran ingin melindungi semua informasi rahasia negaranya, terlebih lagi paska penyerangan virus Stuxnet beberapa waktu lalu yang sangat menghebohkan.

Namun ada juga yang menggangap langkah itu sudah kelewat batas, bahkan sebuah lembaga yang menjunjung tinggi kebebasan berbicara seperti Committee to Protect Journalists (CPJ), menempatkan Iran di posisi keempat negara paling ketat mensensor kebebasan berinternet.

Menurut data yang dilansir lembaga tersebut, hingga saat ini Iran sudah memblokir lebih dari 5 juta situs. Termasuk beberapa situs besar seperti Facebook, Twitter dan beberapa situs besar lainnya dari negara barat.


(eno/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed