Selasa, 24 Apr 2012 07:38 WIB

Bapak Linux Dianugerahi 'Nobel' Teknologi

- detikInet
Linus Torvalds (ist) Linus Torvalds (ist)
Jakarta - Linus Torvalds yang dikenal sebagai bapak Linux terpilih sebagai salah satu dari dua penerima penghargaan Millennium Technology Prize 2012, sebuah penganugerahan sekelas penghargaan Nobel di dunia teknologi.

Dikutip dari Tom's Hardware, Selasa (24/4/2012), Torvalds diganjar penghargaan ini karena dinilai berjasa menciptakan sistem operasi Linux dan menyediakannya secara gratis.

Dalam pernyataannya, Technology Academy Finland yang menggelar perhelatan ini menyebutkan pengembangan Linux hingga sekarang telah menyentuh jutaan bahkan mungkin miliaran orang di seluruh dunia.

Selain Torvalds, ada Shinya Yamanaka yang juga menerima penghargaan ini karena jasanya mengembangkan sel induk yang menghilangkan ketergantungan pada penggunaan sel induk embrio untuk riset medis. Penganugerahan akan berlangsung di Helsinki, Finlandia pada 13 Juni.

Millenium Technology Prize digelar sejak 2004. Ini adalah penghargaan terbesar dan paling bergengsi untuk bidang teknologi. Penghargaan ini diberikan setiap tahunnya oleh Technology Academy Finland dan dikelola oleh industri dan pemerintah Finlandia.


(rns/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed