Rabu, 15 Mar 2017 13:39 WIB

Bertampang Lucu, Patung Macan Koramil Cisewu Jadi Viral

Hakim Gani - detikInet
Dokumentasi: Pembongkaran Patung macan Koramil 1123 Cisewu Dokumentasi: Pembongkaran Patung macan Koramil 1123 Cisewu
Jakarta - Foto patung macan di Komando Rayon Militer (Koramil) 1123 Cisewu, di bawah naungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut, Jawa Barat, mendadak viral dan menjadi perbincangan netizen.

Pasalnya, alih-alih terlihat sangar, macan yang satu ini tampak 'ramah'. Ukuran mulutnya sedikit lebar, dengan ekspresi wajah yang membuatnya terlihat lucu. Karena tampilannya yang berbeda dari image macan secara umum, netizen pun tak tahan untuk membicarakan dan membuat memenya.

Bertampang Lucu, Patung Macan Koramil Cisewu Jadi Viral    Foto: meme di internet


"Aku kok kasian sama patung macan ini, mukanya melas eh udah dibongkar sama pak tentara, sekarang dijadiin meme pula, sabar ya can," tulis @xFADSx.

Netizen dengan nama akun @minase_nayuki justru melihat sisi positif dari viralnya si macan lucu. Selain jadi hiburan tersendiri, menurutnya si macan lucu membuat orang jadi tahu bahwa harimau dan macan Jawa adalah salah satu hewan asli Indonesia yang punah.


"Meski receh, tapi gw rada seneng ama trend meme patung macan, minimal awareness akan macan itu ada. Dan supaya orang tau juga, Javan Tiger itu punah,"
komentarnya.

Netizen dengan nama akun @ihave2tickets justru bersimpati terhadap si pembuat patung. "Gak tau kenapa sebel liat meme patung macan. mereka ga menghargai orang yang bikin itu, dan cuma dijadiin bahan bercandaan...," keluhnya.

Sementara @adwipayana punya pendapat lain. "Dua jempol buat seniman yang buat suasana ngakak tiap liat itu macan... hahaha," tulisnya.

Danramil Cisewu Kapten Inf Nandang Sucahya kepada Detikcom, mengatakan bahwa patung tersebut dibangun sekitar enam tahun lalu. Dijelaskannya, pihaknya sempat mengontak akun Kementrian Humor Indonesia, yang pertama kali mengunggah foto macan tersebut, pada 12 Maret 2017. Dia menanyakan maksud dan tujuan pemilik akun tersebut mengunggah foto patung di lingkungan mereka bertugas.

"Sudah kami coba konfirmasi ke pemilik akun itu, tapi sudah diblokir," ujar Danramil Nandang.

Tak lama setelah ramai menjadi perbincangan, patung macan 'humanis' itu dibongkar oleh anggota Koramil Cisewu. Rencananya, si macan akan diganti dalam beberapa hari ke depan.

"Sesuai perintah, sudah kita bongkar, patungnya akan kita ganti dalam waktu dekat ini," kata Danramil Nandang.

Bertampang Lucu, Patung Macan Koramil Cisewu Jadi Viral    Foto: Dokumentasi: Pembongkaran Patung macan Koramil 1123 Cisewu


Dikonfirmasi kepada Pangdam Siliwangi Mayjen M Herindra, dirinya membenarkan adanya perintah pembongkaran patung macan di Koramil 1123 Cisewu. Mayjen Herindra meminta agar dibuatkan patung yang lebih bagus.

"Iya, saya suruh bikin yang lebih bagus," ujar Mayjen Herindra.

Dia mengakui jika desain patung tersebut 'kurang canggih'. Selain itu, menurutnya, lokasi patung tersebut sebenarnya tidak pas. Simbol seharusnya tidak boleh dipasang di atas papan nama markas karena menyalahi aturan administrasi TNI AD.

"Harusnya di lokasi lain. Sudah (memerintahkan semua jajaran Kodam Siliwangi). Harus sesuai aturan yang berlaku di TNI AD," ujarnya.

Macan sendiri merupakan simbol Kodam Siliwangi. Banyak satuan yang masuk jajaran Kodam Siliwangi memasang patung macan sebagai bentuk kebanggaan.

(rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed