BERITA TERBARU
Jumat, 17 Feb 2017 19:26 WIB

Mau Jualan Barang Bekas Laku? Berikut Tips OLX

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta -

Hadirnya situs jual beli online dianggap memudahkan cara bertransaksi masyarakat Indonesia di era digital saat ini. Meski demikian, penjual juga harus jeli dan memperhatikan langkah-langkah agar dagangannya laku terjual.

Ditemui detikINET seusai peluncuran program Amazing Seller, Edward Kilian selaku Chief Marketing Officer OLX Indonesia memaparkan jika selama ini pihaknya menemukan sejumlah alasan mengapa suatu barang yang dijual di OLX susah laku. Salah satunya adalah harga.

"Biasanya yang kurang laku kalau kami lihat perkara harga. Jadi kan kalau jual barang bekas, musti jual rela, bukan cari untung. Banyak orang-orang yang pertama kali jual barang bekas. Beli harga Rp 800 ribu jual Rp 700 ribu. Ya tidak masuk," papar Edward.

Untuk itu, lanjut Edward, penjual harus bisa menyesuaikan kondisi barang dengan harga yang ada di pasaran. "Seperti misalnya jual mobil. Jual mobil kan biasanya ada harga pasaran. Nah, kalau mau jual tinggi dari harga pasaran tidak akan mungkin bisa laku cepat," terang Edward.

Karenanya, di OLX saat ini menurut Edward ada fitur baru rekomendasi harga. Dengan fitur ini penjual bisa melihat harga pasaran barang yang akan dijual. "Jual dengan harga pasaran, kalau memang barangnya pasaran. Lain hal jika barang yang Anda jual itu limited editon," ucapnya.

Selain harga yang masuk akal atau sesuai dengan harga pasaran, tips kedua adalah foto. Foto menurut Edward adalah hal yang paling fundamental dalam berjualan. "Harus ada foto yang jelas. Namanya iklan baris online kan kita tidak bisa melihat secara jelas. Semakin banyak foto, semakin bagus kualitas foto semakin cepat laku," katanya.

Diterangkan Edward, rata-rata atau sekitar 70% produk yang laku di OLX meliputi gadget dan otomotif. "Dua itu merupakan kategori yang paling besar. Bisa laku hanya dalam waktu paling lama satu minggu," paparnya.

OLX sendiri saat ini baru saja melakukan perombakan besar-besaran. Ganti kulit ke desain baru ini tak lain demi mengikuti selera anak muda yang gemar berinteraksi di media sosial.

"Dengan tampilan yang simpel dan visual, pengguna tinggal glosor saja kayak media sosial," ucap Daniel beberapa waktu lalu.



(mag/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.