BERITA TERBARU
Jumat, 17 Feb 2017 19:26 WIB

Mau Jualan Barang Bekas Laku? Berikut Tips OLX

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Hadirnya situs jual beli online dianggap memudahkan cara bertransaksi masyarakat Indonesia di era digital saat ini. Meski demikian, penjual juga harus jeli dan memperhatikan langkah-langkah agar dagangannya laku terjual.

Ditemui detikINET seusai peluncuran program Amazing Seller, Edward Kilian selaku Chief Marketing Officer OLX Indonesia memaparkan jika selama ini pihaknya menemukan sejumlah alasan mengapa suatu barang yang dijual di OLX susah laku. Salah satunya adalah harga.

"Biasanya yang kurang laku kalau kami lihat perkara harga. Jadi kan kalau jual barang bekas, musti jual rela, bukan cari untung. Banyak orang-orang yang pertama kali jual barang bekas. Beli harga Rp 800 ribu jual Rp 700 ribu. Ya tidak masuk," papar Edward.

Untuk itu, lanjut Edward, penjual harus bisa menyesuaikan kondisi barang dengan harga yang ada di pasaran. "Seperti misalnya jual mobil. Jual mobil kan biasanya ada harga pasaran. Nah, kalau mau jual tinggi dari harga pasaran tidak akan mungkin bisa laku cepat," terang Edward.

Karenanya, di OLX saat ini menurut Edward ada fitur baru rekomendasi harga. Dengan fitur ini penjual bisa melihat harga pasaran barang yang akan dijual. "Jual dengan harga pasaran, kalau memang barangnya pasaran. Lain hal jika barang yang Anda jual itu limited editon," ucapnya.

Selain harga yang masuk akal atau sesuai dengan harga pasaran, tips kedua adalah foto. Foto menurut Edward adalah hal yang paling fundamental dalam berjualan. "Harus ada foto yang jelas. Namanya iklan baris online kan kita tidak bisa melihat secara jelas. Semakin banyak foto, semakin bagus kualitas foto semakin cepat laku," katanya.

Diterangkan Edward, rata-rata atau sekitar 70% produk yang laku di OLX meliputi gadget dan otomotif. "Dua itu merupakan kategori yang paling besar. Bisa laku hanya dalam waktu paling lama satu minggu," paparnya.

OLX sendiri saat ini baru saja melakukan perombakan besar-besaran. Ganti kulit ke desain baru ini tak lain demi mengikuti selera anak muda yang gemar berinteraksi di media sosial.

"Dengan tampilan yang simpel dan visual, pengguna tinggal glosor saja kayak media sosial," ucap Daniel beberapa waktu lalu. (mag/fyk)

Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Ucapan Duka Netizen Iringi Kepergian Eko DJ

    Ucapan Duka Netizen Iringi Kepergian Eko DJ

    Selasa, 28 Mar 2017 09:02 WIB
    Setelah menderita sakit yang cukup lama, pelawak Eko DJ akhirnya tutup usia pada pukul 23:00 WIB tadi malam. Ucapan duka pun berdatangan dari netizen.
  • iOS 10.3 Final Dirilis, Perlukah Update?

    iOS 10.3 Final Dirilis, Perlukah Update?

    Selasa, 28 Mar 2017 07:00 WIB
    Setelah menyodorkan tujuh versi beta, Apple akhirnya merilis iOS 10.3 versi final ke pengguna iDevice. Perlukah kita menginstall update ini?
  • Game Nostalgia Starcraft Lahir Kembali

    Game Nostalgia Starcraft Lahir Kembali

    Senin, 27 Mar 2017 18:53 WIB
    Blizzard, yang dikenal sebagai pengembang game di balik Dota, dipastikan bakal membangkitkan kembali salah satu game nostalgia andalannya, Starcraft.
  • Teknologi Penting di Kamera Mirrorless

    Teknologi Penting di Kamera Mirrorless

    Senin, 27 Mar 2017 17:30 WIB
    Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan saat memilih kamera mirrorless. Bagian terpenting yang harus diperhatikan adalah sensor yang digunakan. Apa lagi?
  • Andai Jokowi Jadi Rocker

    Andai Jokowi Jadi Rocker

    Senin, 27 Mar 2017 16:32 WIB
    Jokowi mendapat pertanyaan dari anak muda soal kemungkinan dirinya tetap berpolitik jika jadi rocker. Apa jawaban Jokowi?