Senin, 16 Apr 2007 12:12 WIB

Daftar Penumpang Titanic Beredar Online!

- detikInet
London - Kapal pesiar mewah fenomenal yang hingga kini masih dikenang orang kembali menguak kisahnya. Kali ini, seperti dikutip detikINET<\/b> dari Reuters, Senin (16\/4\/2007), daftar nama, usia dan pekerjaan dari seluruh penumpang kapal Titanic yang tenggelam, muncul dalam jagat maya untuk pertama kalinya. Lusinan halaman kertas memuat daftar penumpang yang bertuliskan tangan asli, termasuk kelas kabin yang mereka tempati pun ada dalam data tersebut.Kini dokumen daftar penumpang Titanic yang berjumlah 2.223 orang tersebut ditampilkan sesuai aslinya di situs findmypast.com<\/a>. Hal ini dimungkinkan untuk memudahkan pelacakan alur anggota keluarga para korban meninggal. Sebelumnnya, daftar penumpang ini hanya dapat dilihat di National Archives, London.Para penumpang tersebut adalah mereka yang berencana melakukan emigrasi dari kota pelabuhan Southampton di Inggris bagian selatan untuk memulai hidup baru di Amerika pada 1912.Juru bicara findmypast menyatakan, selain penumpang meninggal yang berjumlah lebih dari 1500 orang, juga disediakan daftar penumpang selamat yang turun di Perancis. Dokumen asli yang disajikan findmypast juga menunjukkan beberapa penumpang tambahan yang naik dari Queenstown (Cobh), Irlandia ternyata tidak meneruskan niat untuk menumpang Titanic, sekalipun mereka telah membeli tiket.Titanic yang dimiliki oleh White Star Line ini merupakan kapal uap penumpang terbesar di dunia pada saat itu. Malangnya saat hari Minggu, 14 April 1912 yang juga merupakan hari keempat pelayaran pertamanya, Titanic menabrak gunung es dan tenggelam 24 jam kemudian. Masa itu, Titanic dilengkapi dengan teknologi paling maju dan orang awam meyakini ia tidak mungkin tenggelam. Bangkai kapal naas tersebut baru ditemukan pada 1985. (lni/dwn)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Fuji Xerox Rilis 14 Mesin Cetak Multifungsi

    Fuji Xerox Rilis 14 Mesin Cetak Multifungsi

    Sabtu, 21 Jan 2017 09:54 WIB
    Fuji Xerox rilis 14 model mesin cetak multifungsi berwarna seri ApeosPort-VI C dan DocuCentre-VI C bagi segmen perkantoran skala kecil, menengah dan besar.
  • Menkominfo Bertemu Google, Bahas Pajak?

    Menkominfo Bertemu Google, Bahas Pajak?

    Jumat, 20 Jan 2017 20:43 WIB
    Usai merilis ponsel Digicoop, Menkominfo Rudiantara langsung buru-buru meninggalkan lokasi acara. Kabarnya, pria berkacamata itu akan bertemu perwakilan Google.
  • KPPU Soroti Persaingan di Telekomunikasi

    KPPU Soroti Persaingan di Telekomunikasi

    Jumat, 20 Jan 2017 20:04 WIB
    KPPU mencium adanya potensi persaingan usaha tidak sehat di industri telekomunikasi belakangan ini. Apalagi sejak ramai debat interkoneksi dan network sharing.
  • Digicoop Bakal Punya Varian RAM 6 GB

    Digicoop Bakal Punya Varian RAM 6 GB

    Jumat, 20 Jan 2017 19:38 WIB
    Digicoop bukan satu-satunya ponsel yang bakal dibesut Koperasi Digital Indonesia Mandiri. Ada ponsel lain yang juga disiapkan, salah satunya mengusung RAM 6 GB.