Selasa, 19 Okt 2010 17:19 WIB

Kampanye \'Plan 28\', Ajak Orang Ciptakan Prototipe Komputer Jadul

- detikInet
Jakarta - Analytical Engine adalah sebuah mesin raksasa bertenaga uap yang memiliki prosesor memori dan mekanik. Mesin itu dirancang pada tahun 1837 oleh seorang insinyur dan ahli matematika, Charles Babbage.

Namun sama seperti penemuan lain, prototip komputer ini tidak pernah berhasil dibuat. Namun John Graham-Cumming, seorang programmer dan blogger ilmu pengetahuan berharap dapat mewujudkan mimpi Babbage itu dengan sebuah kampanye.

Dengan mengusung proyek bernama \\\'Plan 28\\\', tim yang dibentuk Graham-Cumming ini akan membangun \\\'Babbages Analytical Engine\\\' berdasarkan blue-print rancangan yang masih tersimpan di Museum Sains London. Meskipun itu berarti membuat prototipe komputer yang 13.000 kali lebih lambat dan hanya mempunyai kapasitas memori 1,7 kb.

Dikutip detikINET<\/strong> dari Telegraph, Selasa (19\/10\/2010), kampanye yang diperkenalkan melalui situs Plan 28<\/a> tersebut sudah menarik 1.600 pendukung yang berjanji akan memberikan dana untuk proyek tersebut.

\\\"Ini adalah sepotong inspirasi peralatan,\\\" tukas Graham-Cumming yang juga seorang penulis Geek Atlas. \\\"Seratus tahun yang lalu sebelum komputer tersedia, Babbage telah merancang mesin ini,\\\" tambahnya.

\\\"Perbedaan besar antara rancangan itu dengan mesin komputer yang ada sekarang ini adalah, prototip itu kini terbuat dalam sebuah kartu punch<\/em>,\\\" kata Graham-Cumming.

Babbage dianggap sebagai bapak komputasi yang menjadi pelopor konsep komputer. Dia mulai merancang mesin analisis setelah membuat kalkulator dan terus mengasah rancangan itu hingga kematiannya pada tahun 1971. (feb/rns)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed