BERITA TERBARU
Selasa, 17 Apr 2018 16:53 WIB

Asus Pede Tak bakal Kena Kasus 'Sertifikat Dibekukan'

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi ponsel Asus. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET) Ilustrasi ponsel Asus. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Batam - Dibekukannya sertifikasi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) Infinix Zero 5 menjadi pelajaran bagi vendor ponsel lain agar kejadian serupa tak menimpa mereka. Salah satu vendor lainnya, Asus, yakin tidak akan terkena kasus semacam ini.

"Kalau di Asus Indonesia saya rasa nggak, karena kita untuk yang (ponsel) 4G pun sudah produksi lokal jadi harusnya gak ada masalah," sebut Head of Public Relations Asus Indonesia Muhammad Firman, saat ditanyai pendapatnya mengenai kasus ini.

Firman menduga, hal semacam itu bisa saja terjadi karena vendor ponsel punya beberapa distributor. Salah satu distributor mungkin tidak mengambil dari pabrik yang sudah ditunjuk, bisa jadi karena kapasitas produksi barangnya belum banyak, sehingga distributor yang bersangkutan mengambil langsung dari sumber impor.


"Kemungkinan distributornya. Karena kalau memang dari brand-nya biasanya siapkan alokasi untuk distributornya. Jadi distributor bisa nunggu (pabrik yang memasok) selesai produksi dan dikirim ke dia. Mungkin karena ingin ngejar hype-nya dia (distributor) langsung ambil dari luar. Mungkin ya," komentar Firman.

Asus Yakin Tak bakal Kena Kasus 'Sertifikat Dibekukan' Suasana pabrik Asus di Batam. (Foto: Rachmatunnisa/detikINET)


Pasalnya, dikatakan Firman, hal itulah yang dilakukan Asus, yakni menjaga pasokan ponselnya yang sudah tersertifikasi TKDN bisa sampai ke tangan konsumen dengan selamat.

"Yang jelas kalau distributornya kita, itu udah kita plan dari awal bahwa (setiap distributor) ini dapat sekian unit, dia akan dapat di tanggal sekian," paparnya.


Asus sendiri berupaya tunduk aturan TKDN dengan menggeber manufakturing di Indonesia. Dalam menggeber TKDN dari sisi hardware, Asus bekerjasama dengan pabrik PT. Satnusa Persada di Batam, Kepulauan Riau sejak 2015. (rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed