Jumat, 08 Des 2017 07:51 WIB

Laporan dari Hawaii

Download di Ponsel Bisa Tembus 1,2 Gigabit per Detik

Adi Fida Rahman - detikInet
Ilustrasi. Foto: GettyImages Ilustrasi. Foto: GettyImages
Jakarta - Modem X20 yang baru diluncurkan Qualcomm menjanjikan kecepatan data di ponsel yang mencapai 1,2 Gbps.

Dijelaskan Peter Carson, Senior Director Product Manager Qualcomm, X20 merupakan modem Cat 18 yang mempunyai kecepatan download mencapai 1,2 Gbps.

Selain kemampuan tadi, modem X20 turut membawa 5x carrier aggregation. Terdapat pula 4x4 MIMO dan kemampuan dual SIM dual VoLTE.

"Ini merupakan teknologi dual SIM dan dual VoLTE generasi kedua. Pengguna tidak ada batasan lagi ke 2G atau 3G, dua SIM cardnya punya kecepatan 1,2 Gbps," kata Carson di acara Snapdragon Tech Summit 2017 di Maui, Hawaii, AS, Rabu (6/12/2017).

Selain kecepatan seluler, Qualcomm tidak melupakan koneksi WiFi. Dalam Snapdragon 845 diberikan dukungan 60 GHz 802.11ad untuk menghadirkan koneksi hingga 4,6 Gbps.

"Ini 16 kalinya dari generasi sebelumnya. Selain mampu memberikan efesiensi 30% ketimbang pendahulunya," ungkap Carson.

Bluetooth

Di Snapdragon 845, Qualcomm turut melakukan peningkatan di sektor Bluetooth. Dengan diberikan teknologi TrueWireless, Bluetooth 5.0 akan lebih cepat dalam transfer data, komsumsi daya yang lebih rendah dan punya keunggulan lain.

Carson menjelaskan nantinya ponsel yang ditenagai Snapdragon 845 dapat terhubung dengan banyak perangkat secara simultan lewat Bluetooth. Tidak hanya saat streaming musik berkualitas HD, juga bisa ketika live audio.

Earphone bluetooth dipastikan akan lebih hemat dalam konsumsi daya. Jika sebelumnya transfer data dari ponsel lalu ke earphone satu, kemudian diteruskan ke earphone dua. Kini Qualcomm membuat koneksinya jadi individual.

"Ini akan menghemat 50% konsumsi daya dari standar sebelumnya," ungkap Carlson.

(afr/yud)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed