BERITA TERBARU
Rabu, 06 Des 2017 12:00 WIB

Android Go Resmi Diluncurkan untuk Ponsel Murah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Android Authority Foto: Android Authority
Jakarta - Di ajang Google I/O 2017 Mei lalu, Google menjanjikan akan merilis Android versi khusus untuk perangkat kelas bawah.

Dan hari ini Google memenuhi janjinya itu dengan merilis Android Go (edisi Oreo), dan sudah tersedia untuk para vendor ponsel serta developer aplikasi. Jadi peluncuran ini tak membuat Android Go langsung tersedia untuk para pengguna.

Pemikiran di balik Android Go sebenarnya sederhana, yaitu Android Oreo yang didesain untuk ponsel dengan RAM antara 512 MB sampai 1 GB. Sebagai perbandingan, Pixel 2 -- dan kebanyakan ponsel flagship lain punya RAM setidaknya 4 GB.

Android Go Resmi DiluncurkanFoto: Istimewa
Membuat Android Oreo versi khusus ini tentu bukan hal mudah, karena Google juga perlu menyunat kebutuhan sejumlah aplikasi dasar di Android, seperti Google Assistant, Maps, Gmail, dan lainnya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (6/12/2017).

Android Go berbeda dengan Android One, meski keduanya didesain untuk perangkat kelas bawah. One adalah sebuah sistem di mana Google bekerja sama langsung dengan vendor pembuat ponsel untuk memilih fitur mana yang akan tersedia, juga untuk terus menyediakan pembaruan OS -- mirip Nexus --.

Namun Android Go adalah Android versi penuh yang tersedia melalui Android Open Source Project, dan bisa digunakan oleh semua vendor ponsel. Namun yang patut diperhatikan, hal yang membuat Android Go istimewa adalah aplikasi dari Google yang ukurannya sudah diperkecil, dan belum terungkap bagaimana nasib aplikasi-aplikasi lain di luar itu. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.
  • Instagram Sergio Ramos Dihujani Hujatan

    Instagram Sergio Ramos Dihujani Hujatan

    Minggu, 27 Mei 2018 10:21 WIB
    Banyak yang menuding Ramos sengaja mencederai Salah agar tak dapat melanjutkan laga di final Liga Champions. Instagram sang kapten Madrid pun banjir hujatan.
  • Kesialan Bertubi-tubi Bapak Android

    Kesialan Bertubi-tubi Bapak Android

    Minggu, 27 Mei 2018 08:37 WIB
    Andy Rubin sedang kurang beruntung. Sang pencipta sistem operasi Android ini tertimpa beberapa kesialan semenjak ia memutuskan meninggalkan Google.