Senin, 20 Nov 2017 08:50 WIB

Penjualan Speaker Pintar Apple HomePod Molor, Kenapa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
HomePod. Foto: Apple HomePod. Foto: Apple
Jakarta - Rencana Apple untuk menjual HomePod pada Desember mendatang terpaksa mundur, yang memaksa mereka memaksa melewatkan musim belanja di sejumlah negara. Kenapa?

Jika HomePod tak mulai dijual pada Desember mendatang yang notabene merupakan musim liburan di mana banyak orang yang berbelanja, mereka akan kalah dibanding para kompetitornya, seperti Amazon dan Google.

"Kami tak sabar menunggu orang-orang untuk bisa merasakan HomePod, namun kami membutuhkan waktu lebih lama untuk (HomePod) agar bisa siap untuk para konsumen kami. Kami akan mulai mengapalkan di US, Inggris dan Australia pada awal 2018," ujar juru bicara Apple.

Apple sebelumnya memprediksikan pemasukan sekitar 84 miliar pada musim liburan kali ini, dan mayoritas didapat dari penjualan iPhone X yang harganya USD 999. Jadi kehilangan pemasukan dari speaker seharga USD 349 mungkin pengaruhnya tak terlalu besar.

Namun efek negatifnya bisa muncul dari aspek lain, yaitu dari jumlah pengguna Siri, yang akan kalah dari Alexa ataupun Google Assistant. Pasalnya, orang banyak menggunakan asisten digital pada speaker pintarnya, jika penjualan HomePod tak banyak, maka pengguna Siri pun akan menurun.

HomePod pertama diperkenalkan pada Juni lalu, sebagai sebuah speaker pintar yang mempunyai banyak fungsi. Salah satunya untuk mengatur beberapa perangkat rumah pintar, layaknya perangkat Amazon Echo.

(asj/yud)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed