Rabu, 15 Nov 2017 14:03 WIB

iPhone X Malah Berdampak Buruk Pada Foxconn, Kenapa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
iPhone X. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET iPhone X. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Nasib keuangan Foxconn bisa dibilang sangat bergantung pada Apple, yang selalu mempercayakan perakitan gadget mereka pada pabrikan asal Taiwan tersebut. Jika ada masalah yang terjadi pada ponsel buatan Apple, maka akan berdampak juga pada Foxconn.

Hal itulah yang saat ini terjadi pada Foxconn, yang keuntungannya menurun 39% menjadi USD 700 juta pada kuartal lalu. Padahal pada kuartal yang sama tahun sebelumnya mereka mencatatkan untung sebesar USD 1,09 miliar.

Bagi Foxconn ini adalah penurunan terbesarnya sejak resesi global, dan hal itu disebabkan oleh iPhone X yang mengalami masalah pada saat awal masa produksinya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (15/11/2017).

Masalah itu adalah ketika Foxconn tak bisa merakit iPhone X dalam jumlah yang banyak, yaitu jumlah yang mencukupi untuk mereka tetap bisa meraup keuntungan. Namun hal tersebut sulit untuk tercapai, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi.

Faktor-faktor tersebut adalah pasokan panel OLED yang terbatas dan sulitnya teknis produksi sensor Face ID di iPhone X. Masalah Face ID ini juga membuat jumlah pasokan iPhone X menurun sampai setengahnya, hanya 20 juta unit karena banyaknya unit Face ID yang rusak.

Merakit iPhone X juga membuat pengeluaran operasi Foxconn meningkat 16% pada Q3 lalu karena tingkat kesulitannya yang tinggi. Sementara iPhone 8 dan 8 Plus yang lebih mudah dirakit pun ternyata penjualannya tak terlalu bagus, yang juga tak bisa membantu Foxconn. (asj/fyk)
iPhone X. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed