Rabu, 15 Nov 2017 13:22 WIB

iPhone X Bisa Dibobol oleh Bocah 10 Tahun

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Apple membanggakan sistem keamanan Face ID yang ada di iPhone X, namun ternyata sistem pengenalan wajah itu masih bisa dijebol, bahkan oleh seorang anak berusia 10 tahun.

Attaullah Malik, ayah dari anak itu memposting video yang menunjukkan bagaimana anaknya bisa menembus sistem keamanan Face ID. Dalam video tersebut ditunjukkan bagaimana sebuah iPhone X dengan sistem Face ID yang merekam wajah si ibu bisa dibuka dengan wajah anaknya.

Dalam deskripsi videonya, Malik menjelaskan bagaimana awalnya mereka menyadari celah tersebut. Menurutnya, saat ia dan istrinya pertama mendapat iPhone X, mereka sebenarnya tak menyadari hal ini.

Namun setelah mereka sudah menyalakan dan melakukan sejumlah pengaturan Face ID di iPhone anyarnya itu mendadak anaknya datang. Ketika si anak mengambil iPhone tersebut dan menghadapkan iPhone X itu ke wajahnya, ternyata Face ID 'mengizinkan' si anak dengan membuka kuncinya itu.

Apple sebelumnya sudah mengklaim kalau kemungkinan Face ID mengenali wajah orang lain sebagai wajah pemilik aslinya hanya satu banding sejuta. Namun hal berbeda bisa terjadi ketika digunakan oleh orang dengan hubungan saudara yang memiliki kemiripan wajah.

Masalah seperti ini pun sudah disadari oleh Apple, yang menyebut Face ID memang tak cukup canggih sehingga tak bisa membedakan perbedaan kecil antara dua orang bersaudara, terutama jika mereka masih kecil, dengan usia di bawah 13 tahun. Demikian dikutip detikINET dari BGR, Rabu (15/11/2017).

(asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed