Sabtu, 07 Okt 2017 09:02 WIB

Windows 95, Software yang Bikin Bill Gates Kuasai Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Peluncuran Windows 95. Foto: istimewa Peluncuran Windows 95. Foto: istimewa
Jakarta - Peluncuran Windows 95 pada 22 tahun lalu adalah momentum bersejarah bagi Microsoft dan dunia komputer. Terobosan yang dihadirkannya membuatnya laku keras, melontarkan Bill Gates dan Microsoft ke posisi puncak industri teknologi.

"Windows 95 memang bukan versi pertama Windows. Komputer sudah ada di rumah selama lebih dari satu dekade. Tapi di samping merupakan terobosan teknologi, memperkenalkan fitur yang masih jadi inspirasi sistem operasi saat ini, Windows 95 adalah fenomena kultural," tulis James Titcomb, kolumnis teknologi di Telegraph.

Microsoft menggelar promosi masif saat rilis Windows 95, antara lain menjadikan bintang serial Friends, Jennifer Aniston dan Matthew Perry instruktur Windows 95 dalam sebuah video. Bangunan terkenal Empire State Building dan CN Tower disinari warna khas Microsoft. Dan lagu 'Start Me Up' dari Rolling Stone jadi soundtrack iklan Windows 95 di televisi.

Untuk pertama kalinya, peluncuran sebuah software jadi even global. Banyak orang di berbagai negara rela antre membeli Windows 95 seperti halnya orang zaman sekarang antre iPhone terbaru. Windows 95 tepatnya dilahirkan Microsoft pada 15 Agustus 1995.

"Windows 95 adalah kemajuan besar dalam hal desain grafis dan bisa bekerja dengan hampir semua hardware di pasar, juga dirilis di saat yang tepat. Saat itu komputer mulai terjangkau harganya dan konsumen mulai sadar kalau PC punya banyak fungsi," lanjut James.
Windows 95, Software yang Bikin Bill Gates Kuasai DuniaBill Gates di tahun 1995. Foto: istimewa

Fitur Start Menu adalah terobosan besar di Windows 95 yang masih ada sampai sekarang. "Pendahulunya, Windows 3.1, begitu sulit dipakai, sangat susah untuk sekadar membuka pemroses kata. Start Menu memberikan cara yang jelas bagi user untuk melakukan apapun yang mereka inginkan, " tulis Business Insider.

Seminggu setelah Windows 95 dirilis, Microsoft memperkenalkan Internet Explorer yang menjadi browser pertama bagi banyak orang. Semua kombinasi itu membuat Windows 95 laku keras, terjual 40 juta unit dalam tahun pertama. Penjualan komputer pun meningkat pesat.

Microsoft bersama pendiri dan sang CEO waktu itu, Bill Gates, berada di puncak kejayaan. Pada tahun 1998, Microsoft adalah perusahaan terbesar di dunia. Kapitalisasi pasar senilai USD 613 miliar yang mereka capai setahun berikutnya adalah yang terbesar sepanjang masa jika mempertimbangkan faktor inflasi.

Banyak yang sudah terjadi dalam rentang 20 tahun semenjak Windows 95 dirilis. Generasi penerusnya ada yang sukses, ada yang gagal. Windows 98 atau Windows XP meneruskan kejayaan Windows 95. Tapi versi Windows Vista dan Windows 8 menjadi bencana.

Dan industri PC tak lagi secemerlang dulu semenjak booming smartphone yang sekarang bisa dibilang, sudah menyamai kemampuan komputer. CEO Microsoft sekarang yaitu Satya Nadella pun melakukan langkah dramatis, menggratiskan biaya upgrade ke Windows 10.

"Fenomena sudah berubah. Pada akhirnya, PC saat ini hanyalah satu dari beberapa platform yang digunakan orang. Tapi Windows tetap penting," ucap Mike Silver, analis di Gartner. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed