Senin, 19 Jun 2017 08:04 WIB

Jatuh Bangun Samsung Demi Sensor Sidik Jari di Balik Layar

Yudhianto - detikInet
bocoran Galaxy Note 8. Foto: dok. internet bocoran Galaxy Note 8. Foto: dok. internet
Jakarta - Ambisi Samsung mewujudkan teknologi pemindai sidik jari di balik layar masih belum hilang. Tertunda di Galaxy S8, perusahaan ini berniat meluluskannya di Galaxy Note 8. Walau kenyataannya tak semudah itu.

Sebagai informasi, Samsung disebut-sebut telah mengembangkan penempatan sensor sidik jari di balik layar bersamaan dengan pengembangan Galaxy S8. Namun ketika pengembangan Galaxy S8 sudah hampir rampung dan mendekati waktu peluncuran, Samsung masih keteteran dengan ambisinya yang ingin membenamkan sensor sidik jari di balik layar.

Alhasil rencana membenamkan sensor sidik jari di balik layar pun ditunda. Galaxy S8 pun kemudian diumumkan dengan penempatan sensor sidik jari di sebelah kamera belakang.

Samsung tidak sendirian mewujudkan ambisinya itu. Produsen asal Korea Selatan ini pada telah menggandeng Synaptics, sebuah perusahaan yang sejak lama telah menggeluti teknologi biometric touchpad.

Namun kolaborasi keduanya nyatanya belum bisa memenuhi tenggat waktu yang ditargetkan.

Munculnya informasi soal Galaxy Note 8 seakan jadi kesempatan kedua Samsung untuk menjawab ambisinya itu. Sejumlah spekulasi bilang kalau Galaxy Note 8 akan menjadi ponsel pertama dengan sensor sidik jari di balik layar.

bocoran Galaxy Note 8bocoran Galaxy Note 8. Foto: dok. internet


Tapi lagi-lagi, bila mengacu pada informasi yang baru beredar Samsung kembali menemukan kesulitan. Seperti dilansir Phone Arena, Senin (19/20/2017), pengujian Samsung menunjukkan kalau bagian layar yang ditanamkan sensor sidik jari mengalami anomali.

Disebutkan terjadi peningkatan kecerahan di bagian layar yang di baliknya tertanam sensor sidik jari. Yang mana tingkat kecerahan di bagian yang dimaksud terlihat kontras bila dibandingkan dengan bagian layar lainnya. Atau singkatnya, bagian layar yang di baliknya tertanam sensor sidik jari kelihatan lebih terang dari bagian lainnya.

Permasalahan ini pun lantas memunculkan asumsi kalau Samsung mungkin akan kembali menyerah untuk mewujudkan teknologi pemindai sidik jari di balik layar pada Galaxy Note 8.

Tapi yang namanya asumsi tentu tak bisa dijadikan patokan. Apapun hasilnya akan terjawab ketika Galaxy Note 8 diluncurkan nanti. Rumornya calon phablet Samsung ini bakal meluncur di rentang sekitar pertengahan bulan Agustus sampai awal September mendatang.

(yud/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed