Senin, 29 Mei 2017 17:04 WIB

Ambisi Samsung Wujudkan Prosesor 4nm

Yudhianto - detikInet
Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji
Jakarta - Kalau saat ini pabrikasi prosesor sudah mencapai 10nm, maka ke depannya bisa lebih kecil lagi. Pasalnya Samsung telah mengumumkan rencananya yang ingin mewujudkan pabrikasi yang lebih kecil lagi.

Tak tanggung-tanggung, produsen asal Korea Selatan ini berencana mewujudkan pabrikasi 4nm. Bila benar, prosesor yang kelak ada di pasaran bakal menjanjikan performa yang lebih tinggi lain. Namun di sisi lain konsumsi dayanya justru semakin efisien.

Karena semakin kecil pabrikasi, semakin banyak transistor yang bisa ditanam dalam sebuah chip prosesor. Yang mana hal tersebut akan memberi pengaruh signifikan pada performa yang semakin kencang, sementara transistor yang semakin kecil membutuhkan daya yang semakin rendah.

Tapi dalam roadmap yang diumumkannya, Samsung tidak akan langsung menuju ke pabrikasi 4nm. Produsen ini akan melakukannya bertahap mulai dari 8nm, 7nm, 6nm, hingga 5nm. Samsung disebut menggunakan sebuah proses bertajuk Lower Power Plus untuk memungkinkan pabrikasi-pabrikasi tersebut.

Sementara ketika pabrikasi 4nm terwujud, selain mengusung proses Lower Power Plus, Samsung kabarnya juga akan menggunakan teknologi pabrikasi generasi selanjutnya yang dinamai Multi Bridge Channel FET.

Seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (29/5/2017), teknologi Multi Bridge Channel FET disebut menjanjikan kelebihan di sisi physical scaling dan performa yang saat ini terbatas di arsitektur FinFET.

Meski rencananya terdengar cukup matang, tetap saja bukan perkara mudah mewujudkan pabrikasi 4nm. Oleh karenanya, demi menekan masalah yang mungkin terjadi selama pengembangannya, Samsung akan selalu melakukan pengecekan di tiap tahap, sampai pabrikasi 4nm terwujud.

(yud/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed