Minggu, 19 Mar 2017 16:40 WIB

BBM Versi Anyar Punya Chatbot

Rachmatunnisa - detikInet
(Foto: Yudhianto/detikINET) (Foto: Yudhianto/detikINET)
Jakarta - BlackBerry Messenger (BBM) bekerja keras agar pengguna betah menggunakan layanannya. Sejumlah fitur anyar terus dihadirkan dalam setiap updatenya.

Versi terbaru dari BBM diklaim lebih canggih dan menyertakan tampilan dan rasa yang baru di iOS maupun Android. Berikut adalah beberapa update dari BBM.

Tampilan baru dan lebih ramping

Versi terbaru dilengkapi pengembangan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, antara lain:

- Ikon terbaru untuk Chats, Contacts, Feeds, Contacts dan Discover untuk menyederhanakan menu navigasi utama
- Ikon Discover sekarang muncul pada menu navigasi utama
- BBM Channels dipindahkan dari navigasi utama ke layar BBM Discover
- Foto profil pengguna, PIN, dan informasi lain pada pengaturan sekarang terdapat dalam menu 'Me'
- Menonaktifkan suara percakapan cukup dengan menggeser item dalam daftar chat ke kiri
- Permintaan pertemanan sekarang muncul pada tab Contacts
- Notifikasi group chat sekarang sekarang mencantumkan nama anggota grup dan nama grup

"Pengguna iOS dan Android dapat melihat gabungan tampilan grup dan chat beberapa orang, termasuk menu Discover baru pada format daftar sebagai ganti format grid pada ikon," kata CEO BBM Matthew Talbot.

Dikatakannya, layout atau tata letak yang baru akan memudahkan pengguna melihat layanan baru yang diluncurkan, sebagaimana yang sudah dimasukkan ke dalam daftar.

Khusus untuk pengguna Android, foto profil yang diupdate pengguna nantinya akan muncul dalam bentuk full image untuk di Feeds, sehingga orang-orang dapat melihat gambar tanpa perlu memperbesarnya.

BBM Versi Anyar Punya Chatbot Foto: BBM



Chatbot API

"Kami senang dapat mengatakan bahwa versi ini memasukkan chatbot application programming interface (API) yang sangat dinanti-nantikan. Kami akan memberikan pemilik BBM channel kesempatan untuk menghadirkan interactive software chatbot mereka sendiri ke dalam BBM, agar dapat bercakap-cakap dengan pelanggan," ujar Matthew.

Kemampuan baru ini dibangun pada fitur channel chat. Sebelumnya, pengguna dapat mengobrol dengan pemilik tapi hanya melalui telepon. Sekarang, program pengganti manusia atau chatbot menjawab pertanyaan dalam chat.

Ketika orang-orang berlangganan pada satu channel tertentu, mereka akan melihat perwakilannya seperti screenshot di sini. Ini merupakan inisiatif pertama dari serangkaian inisiatif API yang direncanakan untuk ditambahkan. Jadi, ke depannya masih akan ada update dari fitur chatbot.

"Kami yakin bahwa chatbot akan menjadi cerita besar pada 2017. Jika Anda merupakan salah satu pemilik channel, sekarang waktunya untuk mengikuti tren teknologi menyenangkan ini," Matthew mempromosikan fitur baru tersebut.

Analitik untuk mitra

BBM mengintegrasi metode pengukuran (metriks) yang telah ditingkatkan melalui Google Analytics. Hal ini memungkinkan para pengguna dan mitra BBM dapat memperluas pengukuran engagement. Para mitra dapat dengan mudah melacak dan melihat traffic mereka, termasuk jumlah unique users, returning users, berapa lama orang menggunakan aplikasi mereka, dan lain sebagainya.

Pelaporan spam

Sekarang pengguna bisa melaporkan permintaan pertemanan yang tidak diinginkan sebagai spam di BBM. "Kami menerima laporan dari beberapa pengguna bahwa mereka mendapatkan permintaan pertemanan yang tidak diinginkan di aplikasi BBM mereka. Sekarang ada cara mudah untuk melaporkan hal tersebut," ungkap Mathew.

Menambahkan nomor telepon

Juli lalu, BBM menambahkan fitur registrasi nomor telepon yang memungkinkan pengguna mendaftarkan akun BBM baru hanya dengan menggunakan nomor telepon sebagai ganti alamat e-mail sebagai kontak utamanya.

Sekarang, BBM sudah mengembangkan hal itu sehingga pengguna yang sudah memiliki aplikasi BBM --yang awalnya mengatur akun BBM-nya dengan alamat e-mail-- sekarang dapat menambahkan nomor telepon ke profil mereka.

Menambahkan nomor telepon berarti meningkatkan keamanan dan mempercepat proses untuk membuat ulang password yang dilupakan. Hal ini juga membuat pengguna lebih mudah untuk mencari teman. Jika pengguna menambahkan nomor telepon ke profil, mereka akan tetap bisa masuk menggunakan e-mail atau nomor telepon sendiri.

"Semua fitur baru ini melengkapi banyak fitur lain yang sudah kami luncurkan dalam beberapa tahun belakangan, sebagai upaya kami membuat BBM menjadi pusat kehidupan digital pengguna. Dan kami punya lebih banyak lagi yang masih dalam proses pengerjaan," tutup Matthew. (rns/rns)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed