Kamis, 16 Mar 2017 13:16 WIB

Bisakah Orang Bertahan Cuma Memakai Nokia 3310 Reborn?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi
Jakarta - Di tahun 2000 saat Nokia 3310 diperkenalkan, ponsel semacam itu sudah tergolong canggih. Saat ini di era smartphone menjamur, bisakah seseorang bertahan hanya memakai Nokia 3310 reborn?

Memang masih banyak orang khususnya di pedesaan, benar-benar mengandalkan feature phone. Tapi tentu susah bagi yang sudah terbiasa memakai ponsel cerdas kemudian beralih ke Nokia 3310 reborn. Kalaupun membeli, agaknya hanya menjadi ponsel pendamping.

"Apa kalian mau menukar smartphone dan memilih Nokia 3310 reborn ini? Jika suka WhatsApp, jawabannya tentu tidak. Atau ingin mencari cepat di internet, tentu tidak. Atau ingin mengambil foto kualitas bagus? Tentu tidak," tulis Benoit Pepicq, kolumnis di Androidpit yang dikutip detikINET.

"Ponsel Nokia ini ditujukan untuk orang yang ingin menggunakan ponsel ya seperti layaknya ponsel, untuk menelepon orang. Untuk kebutuhan personal, aku ragu apakah ada banyak orang yang mau menukar kehidupan virtual di smartphone dengannya," papar dia.

"Konsep lebih sedikit smartphone memang menarik, namun aku yakin masa depannya tidak ada. Memang ada beberapa dari kita yang tak punya smartphone dan tidak menginginkannya, namun jelas bahwa di masyarakat luas smartphone adalah bagian dari hidup sehari-hari," tambahnya.

Kolom ini mendapatkan beragam tanggapan. Dan ternyata masih banyak yang meminati ponsel jenis ini dan memang tidak begitu butuh smartphone.

"Aku minat pada ponsel ini. Lagipula di tempatku jaringannya kurang bagus. Jadi aku tidak butuh smartphone bagus," tulis sebuah komentar.

"Secara pribadi, kupikir masyarakat akan lebih baik jika kita bisa kembali ke ponsel jenis ini. Kita menjadi terlalu ketergantungan dengan teknologi untuk segala hal," tulis yang lainnya. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..