Selasa, 07 Mar 2017 19:53 WIB

Catatan dari Barcelona

MWC 2017 Teguhkan Oppo Sebagai Vendor Ponsel Fotografi

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Walau Maret sudah tiba, musim dingin belum mau berpisah dari Kota Barcelona, suhu masih bertahan di bawah 12 derajat celcius. Tapi kondisi tersebut tidak menghalangi langkah kaki detikINET ke Fira Barcelona Gran Via untuk mendatangi Mobile World Congres (MWC) 2017.

Penyelenggaraan tahun ini tidak kalah semarak dari tahun 2016 lalu. Vendor teknologi dari seluruh dunia saling berlomba menyajikan inovasi terbarunya di Bumi Catalunya.

Ketika tiba di Hall 3, suasana begitu semarak. Di area inilah teknologi dan perangkat yang ditujukan konsumer dipamerkan. Ada Huawei yang pamer P10, LG yang mengusung G6, HMD Global yang membawa Nokia 3310 serta Oppo yang merilis teknologi 5X Loseless Camera.

Bicara 5X Loseless Camera, teknologi ini diklaim Oppo menjadi pertama di dunia. Sebab baru mereka yang membawa kaca prisma ke ponsel. Sebelumnya kaca tersebut banyak diterapkan di kamera DSLR.

Hardware Director Oppo Dr King dalam peluncuran memaparkan asal muasal teknologi tersebut tercetus. Sejak tiga tahun lalu pihaknya ingin hasil jepretan ponselnya tidak sekadar cantik dan terlihat jelas. Namun juga dapat menangkap emosi di dalamnya.

Solusinya dengan zoom, hanya saja ketika melakukannya kualitas gambar jadi tidak begitu baik. Riset pun dijalankan agar bisa melakukan zoom dengan hasil setara kamera digital.
MWC 2017 Teguhkan Oppo Sebagai Vendor Ponsel FotografiFoto: detikINET/Adi Fida Rahman

Lebih kurang 380 hari dengan mengerahkan 106 engineer, Oppo akhirnya berhasil mendapatkan solusi yang mampu zoom lebih baik sekaligus tidak membuat bodi ponsel tebal.

Oppo membuat dua kamera yang masing-masing menggunakan lensa wide-angle dan telephoto. Pada lensa telephoto tersebut, Oppo menggunakan struktur periskop yang terinspirasi dari kapal selam.

Lensa tidak disusun secara vertikal seperti umumnya. Oppo malah menyusunnya horizontal agar tersedia ruang untuk melakukan zoom mendalam. Untuk membantu masuknya cahaya ke lensa, Oppo menggunakan solusi kaca prisma.

Dengan memadukan wide angle dan telephoto ini, kemampuan zoom Oppo mencapai 5x. Sementara ponsel dual kamera lain hanya 2X.

"Lensa wide-angle akan mengambil objek secara utuh. Sementara lensa telephoto akan mengambil gambar dengan optical zoom 3X. Lalu kedua gambar disatukan dan ini setara dengan 5X zoom," kata King.

Oppo turut pula menyematkan solusi Optical Image Stabilization (OIS). Lagi-lagi vendor asal China ini mengambil langkah berbeda. Jika kebanyakan produsen ponsel menempatkan OIS pada lensa wide-angle, Oppo malah memasangnya di lensa telephoto.

Alasannya prisma dan lensa telephoto mampu menangkap getaran secara menyeluruh dan langsung mengatasinya. Sehingga memastikan gambar tetap jelas dan stabil bahkan saat zoom sebanyak 5x. Oppo berani mengklaim peningkatannya mencapai 40%.

Menariknya dengan teknologi 5X Loseless Camera ini bodi ponsel Oppo bakal tetap tipis. Sebab ketebalan kameranya hanya 5,7 mm atau 10% lebih lebih tipis dari ponsel dua kamera dengan zoom 2X.

Sayangnya, Oppo belum memaparkan kapan teknologi ini bakal diterapkan di ponselnya. Tapi di pameran MWC mereka telah membuat ponsel prototipenya yang berjalan dengan baik.

Jadi bukan tidak mungkin dalam beberapa bulan ke depan ponsel tersebut bakal melenggang ke pasaran. Setidaknya hadirnya 5X Loseless Camera makin meneguhkan Oppo sebagai vendor ponsel fotografi. (afr/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed