BERITA TERBARU
Selasa, 07 Mar 2017 08:23 WIB

Catatan dari Barcelona

10 Inovasi yang Mencuri Perhatian di MWC 2017

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Perhelatan Mobile World Congress 2017 sukses digelar, beragam inovasi terkini dihadirkan. DetikINET coba merangkum 10 inovasi yang mencuri perhatian.

Sejumlah perangkat atau teknologi yang terpilih membawa sejumlah inovasi yang belum ada sebelumnya. Adapula yang mengusung spesifikasi dan fitur menarik. Nah apa saja? Berikut daftar lengkapnya.

1. Sony Xperia XZ Premium

10 Inovasi yang Mencuri Perhatian di MWC 2017Foto: Mashable
Menjadi ponsel pertama yang punya layar beresolusi 4K. Kepadatan pixelnya 801 ppi, sekitar dua kali lipat dibandingkan iPhone 7 Plus.

Xperia XZ Premium ini juga memiliki sistem kamera baru bernama Motion Eye, yang memungkinkan perekaman super lambat 960fps di resolusi 720p. Ini juga diklaim pertama di dunia ada di smartphone.

2. Oppo 5X Lossless Camera

Teknologi 5X-dual camera zoom mengusung lensa wide-angle dan telephoto. Pada lensa telephoto ini, Oppo menggunakan struktur periskop yang terinspirasi dari kapal selam.

Jadi lensa tidak disusun secara vertikal, melainkan horizontal agar tersedia ruang untuk melakukan zoom mendalam. Untuk membantu masuknya cahaya ke lensa, Oppo menggunakan solusi kaca prisma.

10 Inovasi yang Mencuri Perhatian di MWC 2017Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Ini menjadi yang pertama di dunia kaca prisma diterapkan pada smartphone. Sebelumnya solusi tersebut lebih banyak dipakai pada kamera SLR.

Dengan memadukan wide angle dan telephoto ini, Oppo menjanjikan kemampuan zoom lebih baik. Di mana ponsel Oppo mencapai 5x, sementara ponsel dual kamera lain hanya 2X.

3. Huawei P10

Huawei menghadirkan P10 dan P10 Plis dengan kamera yang lebih mumpuni.
Selain Leica, Huawei bermitra dengan Pantone Color Institute untuk menampilkan warna yang lebih baik.

P10 dibekali dengan dual camera, yakni pada kamera satu 20 MP dibekali sensor monochrome dan kamera lainnya 12 MP dengan sensor RGB.

10 Inovasi yang Mencuri Perhatian di MWC 2017Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Sedangkan untuk P10 Plus dibenamkan Leica premium, karena menggunakan lensa SUMMILUX dengan f/1.8, sehingga dapat menangkap gambar dengan indah meskipun dalam keadaan pencahayaan minim.

P10 dan P10 Plus turut dibekali kamera depan dengan sensor dari Leica, menjadikannya pertama di dunia. Fitur tersebut berfungsi mencerahkan kondisi saat minim cahaya dan menujang kebutuhan selfie para penggunanya.

4. LG G6

LG G6 punya layar 5,5 inch yang mengusung Quad-HD dengan rasio 18:9. Selain itu layar G6 juga telah dilengkapi fitur Dolby Vision dan HDR 10 yang diklaim mampu menampilkan warna lebih cerah dan detail di berbagai kondisi cahaya.

10 Inovasi yang Mencuri Perhatian di MWC 2017Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi
LG menyematkan quad Digital to Analog Converter (DAC) untuk suara mumpuni.
Kemampuan untuk meringkus foto pun diperkuat dengan teknologi lensa kamera ganda di belakang berukuran 13 MP dengan sudut pandang 125 derajat. Selain itu LG G6 juga mempunyai wide angle lens 5 MP di kamera depan.

Dan yang terakhir, ponsel ini sudah mengantongi sertifikasi IP68, yang membuat G6 tahan debu dan masih bisa nyala di dalam air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

5. Samsung Galaxy Tab S3

Absen membawa ponsel baru, Samsung malah membawa tablet anyarnya ke Barcelona. Gaxy Tab S3 unggul di desain maupun spesifikasi.

Yang menarik, ada 4 buah speaker di sekujur bodi Tab S3 buatan AKG. Sehingga menyemburkan suara yang lebih mantap.

Hadir dengan frame metal dengan bagian belakangnya berselimut kaca. Punya layar 9,7 inch Super Amoled resolusi 2.048 x 1.536 pixel yang HDR ready sehingga bisa menampilkan konten dengan warna yang lebih tajam.

10 Inovasi yang Mencuri Perhatian di MWC 2017Foto: istimewa
Jeroannya prosesor Snapdragon 820 dipadukan dengan RAM 4 GB. Lalu kamera 13 megapixel, memori internalnya 32 GB yang bisa ditingkatkan dengan microSD sampai 256 GB.

Disertakan pula stylus S Pen untuk pertama kalinya di model Galaxy Tab. Ketebalan ujungnya 0,7 mm dan juga memiliki 4.000 jenis tingkat tekanan berbeda.

6. BlackBerry KEYone

10 Inovasi yang Mencuri Perhatian di MWC 2017Foto: ash/detikcom
BlackBerry KEYone merupakan ponsel pertama yang diproduksi TCL Communication. dibekali tombol fisik pada keyboard. Fungsinya tak hanya untuk mengetik tapi juga sebagai touchpad dan shortcut navigasi.

BlackBerry KEYone merupakan ponsel berbasis Android yang didukung OS Android 7.1 Nougat. Ponsel ini diklaim aman ketimbang Android lain.

7. Huawei Watch 2

10 Inovasi yang Mencuri Perhatian di MWC 2017Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan
Jam pintar berbasis Android Wear. Dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik, di antaranya jaringan LTE, GPS, sensor detak jantung, dan NFC untuk pembayaran elektronik, Android Pay.

Huawei pun mengklaim baterai 420 mAh yang tertanam di dalamnya mampu membuat jam tangan ini tahan selama dua hari. Tapi jika fitur Watch Mode diaktifkan, jam tangan ini tahan selama 25 hari. Hanya saja, Anda tidak bisa menggunakan fungsi lain, kecuali pemberitahuan jam dan menghitung langkah.

8. Staedtler Noris Digital

Samsung menggandeng Staedtler, perusahaan alat tulis asal Jerman, membuat S Pen khusus untuk Galaxy Note dan Galaxy Book.

Bentuknya persis dengan pensil Staedtler yang kerap digunakan oleh kita saat mengikuti ujian. Samsung membuat pensil digital ini punya 4.096 level tekanan.

9. Porsche Design Book One

Porsche tidak saja memproduksi mobil, mereka pun turut membesut notebook. Bernama Porsche Design Book One, perangkat notebook 2-in-1.

Punya layar 13,3 inch dengan resolusi QHD. Dapur pacunya Intel i7 generasi terbaru, RAM 16 GB dan memori internal 512 GB. Porsche Design Book One punya keyboard dengan tampilan yang mewah.

10. Nokia 3310

10 Inovasi yang Mencuri Perhatian di MWC 2017Foto: detikINET/Ardhi Suryadhi
Meski tidak sepintar LG G6 ataupun Huawei P10, Nokia 3310 bisa dikatakan sebagai bintang utama perhelatan MWC 2017.

Nokia 3310 sendiri merupakan ponsel fitur. Kemampuannya cukup terbatas karena hanya didukung oleh sistem operasi S30 dengan jaringan 2,5G.

Kameranya pun cuma satu dan terbatas hanya 2 MP saja. Kelebihan dari ponsel ini adalah daya tahan baterainya yang hingga 22 jam waktu bicara.

(afr/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed