Selasa, 28 Feb 2017 11:41 WIB

Nokia 3310 Reborn Sia-sia di Beberapa Negara, Aman di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Melalui HMD Global, ponsel Nokia 3310 yang legendaris kembali lahir. Namun, warga di sejumlah negara dipastikan kesulitan memakainya karena ponsel itu hanya mendukung jaringan 2G. Bagaimana nasibnya bila masuk ke Indonesia terkait isu tersebut?

Meski saat ini pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selalu mendorong penggunaan jaringan 4G LTE, tetapi secara keseluruhan, Nokia 3310 reborn dan feature phone sejenis masih aman. Sebab pengguna 2G di sini masih melimpah.

Rencana untuk mematikan 2G masih dalam bentuk wacana yang pernah tercetus pada Desember 2016. Itu juga karena tantangan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara kepada para operator seluler sudah mematikan semuanya jaringan 2G di 2019.

"Saya minta bantuan kepada teman-teman operator, siap enggak buat matikan 2G? Kapan? (mulai dimatikannya-red)," kata Rudiantara kepada para petinggi operator saat itu.


Tapi itu bukan hal mudah bagi operator mengingat masih banyaknya pengguna 2G walaupun sekarang pengembangan jaringan sudah mengarah ke 4G LTE. Melihat kondisi ini, maka tidak akan ada masalah jika Nokia 3310 reborn masuk ke pasar gadget di Tanah Air.

Beberapa negara memang sudah atau akan mematikan jaringan 2G. Itu termasuk Australia, Kanada atau Amerika Serikat. Sehingga Nokia 3310 reborn yang sekarang sedang panas dibahas ini kemungkinan besar tak masuk ke sana.

Kembalinya Nokia 3310 jadi pusat perhatian. Bahkan sampai mengalihkan perhatian dari trio Android, Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3 yang diluncurkan bersamaan. CEO HMD Global Arto Nummela menyebutkan, versi reborn 3310 ini cocok bagi mereka yang ingin menyeimbangkan kehidupan di era digital.

"Ini semacam digital detox atau ponsel holiday. Jika Anda ingin berhenti sejenak namun tetap perlu kehidupan digital mobile, ini adalah solusi yang brilian," sebutnya. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..