Rabu, 27 Jan 2016 15:36 WIB

Dirut Telkom Beberkan Alasan Utama Blokir Netflix

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Mindra Purnomo Foto: Mindra Purnomo
FOKUS BERITA Telkom Blokir Netflix
Jakarta - Direktur Utama Telkom Alex Janangkih Sinaga membeberkan alasan Telkom Group memblokir layanan streaming film Netflix. Menurutnya, langkah ini ditempuh untuk melindungi konsumen.

Seperti diketahui, Telkom Group telah memutuskan untuk memblokir Netflx sejak pukul 00.00 WIB per 27 Januari 2016 ini di semua akses layanannya, seperti broadband Indihome, WiFi.id, dan Telkomsel.

Menurut Alex, Netflix memang sengaja diblokir Telkom karena dianggap belum memenuhi regulasi di Indonesia dan banyak memuat konten berbau pornografi. Hal itu yang membuat Telkom menjadi proaktif.

"Mengacu UU No. 33/2009 tentang Perfilman khususnya Pasal 57, maka dalam rangka melindungi konsumen dari konten film yang blm disensor oleh lembaga yang berwenang maka Telkom proaktif untuk memblokir Netflix," jelasnya kepada detikINET, Rabu (27/1/2016).

Telkom sendiri tidak memberikan batas waktu sampai kapan Netflix dinyatakan sebagai konten terlarang di jaringan seluruh layanan internetnya. Namun Alex memberikan indikasi, pemblokiran itu tak akan berlangsung selamanya.

"Ini sampai dengan Netflix memenuhi ketentuan UU 33/2009 dan ketentuan lain yang berlaku di Indonesia," tegas pria yang akrab disapa AJS, sesuai inisial namanya ini.

Untuk melindungi konsumen dan memberikan kepastian layanan sesuai dengan imbauan pemerintah, Netflix diharapkan oleh Telkom mengantungi izin usaha di Indonesia serta memiliki kontak layanan untuk memudahkan konsumennya.

Di Vietnam, kata Alex, pemerintah setempat juga meminta Netflix agar memiliki izin dari regulator setempat dan memastikan konten yang disalurkan tunduk dengan aturan yang ada di Vietnam.

"Di Singapura dan juga Italia, layanan Netflix juga pernah diblokir sampai akhirnya Netflix mematuhi regulasi yang berlaku di dua negara tersebut," paparnya.

Langkah Telkom Group memblokir Netflix mendapat dukungan penuh dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Menurutnya, langkah ini tidak menyalahi aturan.

"Telkom blokir Netflix ya tidak apa-apa. Itu judgement bisnis mereka. Yang saya kaget justru seolah-olah mereka disalahin. Kita harus fair. Saya dukung Telkom, tapi pada saat bersamaan kita sedang siapkan regulasinya," kata Rudiantara. (rou/rns)
FOKUS BERITA Telkom Blokir Netflix
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed