Jumat, 20 Nov 2015 14:45 WIB

Performa Windows Phone Mengkhawatirkan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Windows Phone (ist) Windows Phone (ist)
Jakarta - Windows Phone tak juga berjaya, malah pangsa pasarnya menurun meski didukung oleh kekuatan teknologi besar, Microsoft. Biro riset Gartner melaporkan kalau pada kuartal III 2015 yang berakhir September, market share Windows Phone hanya 1,7%

Padahal seperti detikINET kutip dari ComputerWorld, di periode sama tahun lalu pangsa pasar Windows Phone masih 3%. Di beberapa negara yang cukup meminatinya, performa Windows Phone juga jeblok.

"Baik di Amerika Latin dan di negara berkembang lain, ada penurunan yang besar. Konsumen bergerak ke Android. Saya pikir brand Lumia tidak lagi kuat di segmen menegah ke bawah. Apa yang disampaikan Microsoft kurang bergema bagi konsumen yang mempertimbangkan harga," kata Roberto Cozza, analis Gartner.

Bayangkan saja, dari sekitar 353 juta smartphone yang dikapalkan di kuartal III itu, Windows Phone hanya kebagian kurang dari 6 juta unit. Ini tentu jadi sinyal mengkhawatirkan karena Microsoft sepertinya sudah mencoba segala hal agar Windows Phone diminati.

Bulan Juli lalu, CEO Microsoft Satya Nadella memutuskan melakukan write off pada bisnis handset Nokia yang diakuisisinya dan memperbaiki strategi dalam memasarkan Lumia. Sayang, Windows Phone tak juga menanjak dan Microsoft kesulitan membujuk produsen ponsel lain memakai Windows Phone.

"Satu hal yang akan meningkatkan pengapalan Windows Phone adalah jika Microsoft bisa mendapatkan OEM terkenal untuk membuatnya. Tapi masalahnya apa intensif jika berinvestasi di Windows," kata Cozza.

Gartner menilai masih ada tempat bagi Windows Phone, misalnya di kalangan enterprise. Apalagi versi baru Windows Phone yakni Windows 10 Mobile dirancang berjalan mulus di perangkat Windows lain. "Tapi kami nilai Windows 10 Mobile hanya akan berpengaruh sedikit dalam mengubah kompetisi," pungkas Cozza.

(fyk/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed