BERITA TERBARU
Rabu, 11 Feb 2015 13:22 WIB

Ponsel Lokal Ini Libas iPhone dan Pepet Samsung

- detikInet
Wiko Getaway (Ist.) Wiko Getaway (Ist.)
Jakarta - Apple boleh saja berbangga hati mengukuhkan diri sebagai perusahaan dengan kapitalisasi pasar lebih dari USD 700 miliar atau nyaris Rp 9.000 triliun. Namun soal penjualannya di suatu negara, mereka dikalahkan oleh ponsel lokal yang satu ini.

Tak cuma berhasil melibas penjualan iPhone, ponsel ini bahkan ikut menempel ketat Samsung di negaranya. Brand ponsel yang baru seumur jagung ini beā€Žrhasil menembus tiga besar penjualan hanya dalam waktu empat tahun kehadirannya.

Merek ponsel ini adalah Wiko. Ia berhasil mencuri perhatian pasar penikmat gadget di Eropa berkat kesuksesannya menembus ke peringkat tiga penjualan di Prancis, mengejar Samsung dan Apple yang ada di urutan pertama dan kedua.

Bahkan perusahaan yang meluncurkan ponselnya pertama kali pada tahun 2011 lalu di kota Marseille ini mengklaim sebagai vendor smartphone secara terbesar kedua di Prancis dalam hal penjualan secara online, dengan menguasai pangsa pasar 14,2%.

Dengan kata lain, seperti detikINET kutip dari Zdnet, Rabu (11/2/2015), Wiko smartphone saat ini telah berada di posisi kedua setelah Samsung dan mengalahkan iPhone yang dibanggakan Apple.

Menurut analis CCS Insight, Wiko sudah berhasil menjual sekitar 1,7 juta smartphone di Prancis pada tahun 2013 lalu dan meningkat menjadi dua juta lebih pada tahun 2014 berdasarkan angka riset GFk.

George Jijiashvili, peneliti dan analis dari CCS Insight mengatakan, selain berhasil mengangkat sentuhan cita rasa lokal kebanggaan warga Prancis, harga smartphone Wiko juga sangat terjangkau serta memiliki spesifikasi tinggi yang diklaim berkualitas kelas dunia.

Selain itu, layanan purna jual yang baik merupakan faktor kunci yang mendorong loyalitas pelanggan. Perusahaan ini juga memiliki spesialisasi dalam menghadirkan smartphone dual SIM.

Sukses jadi tuan rumah di negeri sendiri, Wiko pun melebarkan sayapnya ke negara tetangga. Setelah Eropa dan Amerika Serikat, pasar yang tentu tak luput dari incaran adalah Asia. Mungkin saja dalam waktu dekat akan menyambangi Indonesia.

Salah satu lini ponsel yang diandalkan Wiko adalah Getaway yang memiliki tampilan ergonomis dan terlihat kekar, namun memiliki tombol yang simpel.

Pada bagian samping tombol volume, ada slot dwifungsi yang bisa menampung nano-SIM dan microSD. Jadi, satu slot tersebut bisa digunakan untuk SIM card atau memori eksternal.

Wiko Getaway hadir dengan layar sentuh ukuran 5 inch, prosesor 1.3 GHz, OS Android 4.4.2, memori internal 16GB, RAM 1GB, baterai 2000 mAh, resolusi kamera 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash. Selain itu, smartphone ini juga bisa memutar video HD1080p dengan 30fps.

(rou/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed