BERITA TERBARU
Kamis, 16 Feb 2017 14:49 WIB

Duh, Pasar Ponsel BlackBerry Kini Nol Persen

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - BlackBerry di masa jayanya, sempat bertengger di posisi atas top pemain smartphone global, tak ketinggalan di Indonesia. Namun sayangnya, kini BlackBerry benar-benar sudah terpuruk.

Menurut informasi terbaru, pangsa pasar ponsel dengan OS BlackBerry di pasar smartphone global saat ini resmi menyentuh angka 0,0%. Jumlah persentase yang sangat rendah ini diambil berdasarkan data yang diambil dari lembaga penelitian Gartner.

Seperti dikutip detikINET dari Business Insider, Kamis (16/2/2017), menurut Gartner lebih dari 431 juta smartphone telah terjual sepanjang kuartal IV tahun 2016. Namun, dari ratusan juta ponsel yang terjual itu, hanya 207.900 merupakan perangkat BlackBerry dengan sistem operasi BlackBerry.

Tak heran jika pada akhirnya BlackBerry hanya mendapat pangsa pasar yang tak kurang dari 1%. Berbanding sangat kontras dengan smartphone bersistem operasi Android, di mana di periode yang sama diketahui ada 352,7 juta smartphone Android yang terjual dengan market share sebesar 81,7%.

Sementara itu, di posisi kedua ada perangkat dengan sistem operasi iOS yang berhasil terjual sekitar 77 juta unit, menjadikan pangsa pasarnya sebesar 17,9%.
Duh, Pasar Ponsel BlackBerry Kini Nol PersenFoto: undefined

BlackBerry memang tak hanya menjual smartphone dengan sistem operasi sendiri. Vendor asal Kanada ini juga menjual smartphone dengan sistem operasi Android, sebut saja DTEK60 dan Priv. Namun di riset ini, hanya ponsel dengan OS BlackBerry yang dihitung. (mag/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.