BERITA TERBARU
Sabtu, 11 Feb 2017 08:43 WIB

Alasan Xiaomi Baru Bikin Smartphone Made in Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senior Vice President Xiaomi, Xiang Wang (detikINET/Agus Tri Haryanto) Senior Vice President Xiaomi, Xiang Wang (detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta - Xiaomi telah memulai produksi smartphone 4G mereka di Indonesia dengan bekerjasama dengan Erajaya, Tata Sarana Mandiri (TSM), dan Sat Nusapersada. Butuh waktu hingga dua tahun lamanya hingga akhirnya Xiaomi memutuskan untuk membuat ponsel di Indonesia.

Untuk tahap awal, Xiaomi memproduksi Redmi 4A di Sat Nusapersada yang berlokasi di Batam. Ponsel pintar tersebut telah memiliki 20% persen kandungan lokal.

Senior Vice President Xiaomi, Xiang Wang, mengatakan bahwa sebelumnya Xiaomi fokus untuk memperkuat pasarnya di China dan India. Karenanya, Xiaomi baru memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan bermitra dengan partner lokal.

"Sejak tahun lalu, kita mencari partner. Setelah melalui seleksi, terpilihlah Erajaya hingga Sat Nusapersada. Kita bawa produknya (Redmi 4A), nanti ke depannya kita akan bawa lebih banyak produk smartphone ke Indonesia," ujarnya di JW Marriott, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta.

Alasan Xiaomi Baru Bikin Smartphone <i>Made in Indonesia</i>CEO Erajaya Hasan Aula (detikINET/Agus Tri Haryanto)


Di kesempatan yang sama, CEO Erajaya, Hasan Aula, mengatakan sebagai distributor, pihaknya mengandalkan dua manufaktur lokal dalam merancang ponsel Xiaomi rasa Indonesia itu. Untuk urusan komponen software, diserahkan tugasnya kepada TSM. Sedangkan komponen hardware ponsel Xiaomi menjadi tanggung jawab Sat Nusapersada.

"Manufaktur dilakukan di Batam. TSM mengurusi komponen software dan komponen hardware diserahkan kepada Sat Nusapersada," imbuh Hasan. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.