BERITA TERBARU
Sabtu, 11 Feb 2017 08:43 WIB

Alasan Xiaomi Baru Bikin Smartphone Made in Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senior Vice President Xiaomi, Xiang Wang (detikINET/Agus Tri Haryanto) Senior Vice President Xiaomi, Xiang Wang (detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta - Xiaomi telah memulai produksi smartphone 4G mereka di Indonesia dengan bekerjasama dengan Erajaya, Tata Sarana Mandiri (TSM), dan Sat Nusapersada. Butuh waktu hingga dua tahun lamanya hingga akhirnya Xiaomi memutuskan untuk membuat ponsel di Indonesia.

Untuk tahap awal, Xiaomi memproduksi Redmi 4A di Sat Nusapersada yang berlokasi di Batam. Ponsel pintar tersebut telah memiliki 20% persen kandungan lokal.

Senior Vice President Xiaomi, Xiang Wang, mengatakan bahwa sebelumnya Xiaomi fokus untuk memperkuat pasarnya di China dan India. Karenanya, Xiaomi baru memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan bermitra dengan partner lokal.

"Sejak tahun lalu, kita mencari partner. Setelah melalui seleksi, terpilihlah Erajaya hingga Sat Nusapersada. Kita bawa produknya (Redmi 4A), nanti ke depannya kita akan bawa lebih banyak produk smartphone ke Indonesia," ujarnya di JW Marriott, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta.

Alasan Xiaomi Baru Bikin Smartphone <i>Made in Indonesia</i>CEO Erajaya Hasan Aula (detikINET/Agus Tri Haryanto)


Di kesempatan yang sama, CEO Erajaya, Hasan Aula, mengatakan sebagai distributor, pihaknya mengandalkan dua manufaktur lokal dalam merancang ponsel Xiaomi rasa Indonesia itu. Untuk urusan komponen software, diserahkan tugasnya kepada TSM. Sedangkan komponen hardware ponsel Xiaomi menjadi tanggung jawab Sat Nusapersada.

"Manufaktur dilakukan di Batam. TSM mengurusi komponen software dan komponen hardware diserahkan kepada Sat Nusapersada," imbuh Hasan. (rns/rns)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Ucapan Duka Netizen Iringi Kepergian Eko DJ

    Ucapan Duka Netizen Iringi Kepergian Eko DJ

    Selasa, 28 Mar 2017 09:02 WIB
    Setelah menderita sakit yang cukup lama, pelawak Eko DJ akhirnya tutup usia pada pukul 23:00 WIB tadi malam. Ucapan duka pun berdatangan dari netizen.
  • iOS 10.3 Final Dirilis, Perlukah Update?

    iOS 10.3 Final Dirilis, Perlukah Update?

    Selasa, 28 Mar 2017 07:00 WIB
    Setelah menyodorkan tujuh versi beta, Apple akhirnya merilis iOS 10.3 versi final ke pengguna iDevice. Perlukah kita menginstall update ini?
  • Game Nostalgia Starcraft Lahir Kembali

    Game Nostalgia Starcraft Lahir Kembali

    Senin, 27 Mar 2017 18:53 WIB
    Blizzard, yang dikenal sebagai pengembang game di balik Dota, dipastikan bakal membangkitkan kembali salah satu game nostalgia andalannya, Starcraft.
  • Teknologi Penting di Kamera Mirrorless

    Teknologi Penting di Kamera Mirrorless

    Senin, 27 Mar 2017 17:30 WIB
    Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan saat memilih kamera mirrorless. Bagian terpenting yang harus diperhatikan adalah sensor yang digunakan. Apa lagi?
  • Andai Jokowi Jadi Rocker

    Andai Jokowi Jadi Rocker

    Senin, 27 Mar 2017 16:32 WIB
    Jokowi mendapat pertanyaan dari anak muda soal kemungkinan dirinya tetap berpolitik jika jadi rocker. Apa jawaban Jokowi?