Minggu, 10 Des 2017 10:10 WIB

Apple bakal Caplok Shazam?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Masih ingat Shazam? Salah satu aplikasi pertama yang menawarkan teknologi pengenalan lagu itu kabarnya tengah diincar Apple untuk diakuisisi.

Kemunculan Shazam di masa-masa awal ponsel pintar memang terlihat sangat canggih karena bisa mengenali lagu yang 'didengarnya'. Namun kini fitur semacam itu seperti sudah biasa, meski memang, kini Shazam pun sudah bertambah kemampuannya, yaitu juga bisa mengenali serial televisi.

Apple pun sebenarnya sudah menggabungkan Shazam ke dalam fungsi Siri, di mana pengguna bisa meminta Siri untuk mengaktifkan Shazam saat ada lagu yang ingin dicari. Jadi buat apa lagi Apple mengakuisisi Shazam?

Nilai akuisisi tersebut diperkirakan akan mencapai USD 400 juta, dan disebut akan terjadi pada Senin (11/12/2017) mendatang. Tak jelas apa yang diinginkan oleh Apple dalam akuisisi tersebut, mengingat Shazam sendiri sudah terintegrasi ke dalam iOS.

Namun bisa saja Apple ingin mengikuti langkah Google pada Pixel 2, di mana ponsel anyar Google itu bisa mengenali lagu setiap saat menggunakan fitur always-listening. Jadi dengan akuisisi Shazam, bisa saja Apple menghadirkan fitur semacam itu ke iPhone, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (9/12/2017). (asj/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed