BERITA TERBARU
Senin, 20 Mar 2017 10:35 WIB

Orang Terkaya China Merapat ke Malaysia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Raksasa e commerce asal China, Alibaba Group Holding Limited, berencana membangun pusat distribusi regional di Malaysia untuk mendukung ekspansi bisnisnya. Demikian disebut sumber terkait yang dikutip detikINET dari Reuters.

Fasilitas itu akan dibangun di dekat bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dengan bantuan dari pemerintah Malaysia. Pendiri dan Chairman Alibaba Jack Ma dan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, kabarnya akan meresmikannya pekan depan.

"KLIA memiliki fasilitas buat Alibaba Group untuk memulai layanan distribusinya di sini dan jika Alibaba berencana untuk berekspansi di masa depan, ada opsi untuk membangun lebih besar lagi," sebut salah seorang sumber.

Hubungan Jack Ma, orang terkaya kedua di China, dengan pemerintah Malaysia memang semakin erat. PM Najib Razak tahun lalu telah menunjuk Ma sebagai penasihat ekonomi digital Malaysia setelah kunjungannya ke China.

Media Malaysia melaporkan bahwa Ma akan mendorong perkembangan ekonomi Malaysia dengan bisnis pembayaran dan bank online. Malaysia belakangan memang dinilai semakin seksi.

"Banyak orang melihat Malaysia sebagai pusat yang berkembang di samping Singapura. Malaysia mungkin tidak bisa mengambil semua bisnis Singapura, tapi mereka adalah pilihan bagus secara logistik," tambah sang sumber.

Alibaba sendiri memang makin agresif di Asia Tenggara. Selain membangun pusat distribusi di Singapura ini, mereka juga telah membeli saham Lazada senilai USD 1 miliar.

Jack Ma adalah runner up orang terkayadi China dengan aset ditaksir Forbes USD 22,7 miliar. Hanya kalah dari taipan properti Wang Jianlin yang hartanya USD 24,2 miliar. (fyk/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed