Rabu, 20 Jul 2016 07:07 WIB

Lewat e-Commerce Kriya, UKM Lokal Bisa Go Global

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Ilustrasi UKM Lokal (Foto: Dikhy Sasra/detikINET) Ilustrasi UKM Lokal (Foto: Dikhy Sasra/detikINET)
Jakarta - Kriya Indonesia meluncurkan portal e-commerce khusus untuk UKM Indonesia. Tujuannya agar mendapatkan akses pasar yang luas, tidak hanya domestik tapi juga luar negeri.

Berbekal platform market place, pengguna dijamin akan mendapatkan produk yang asli, otentik, dan orisinil yang dibuat oleh para mitra UKM terkurasi, serta jaminan pembayaran yang aman.

Di situsnya, Kriya.co.id, ada empat kategori utama yang didorong oleh startup ini, yaitu Fashion dan Busana Muslim, Agriculture, Furniture dan Handicrafts.

CEO Kriya Indonesia, Mario Sugianto, menyampaikan bahwa mereka hadir sebagai jawaban atas pernyataan Presiden RI Joko Widodo bahwa teknologi dan e-ccommerce harus dapat digunakan untuk membantu rekan-rekan UKM.

"Namun Kriya hadir bukan hanya untuk memberikan akses pasar saja, tapi kami memberikan perhatian lebih kepada masing-masing mitra UKM kami berupa brand development dan brand strategy. Kami ingin agar brand atau merek dari masing-masing mitra UKM kami dapat menjadi terkenal di pasar global," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Untuk tahap pertama, sudah lebih dari 125 mitra UKM bergabung dari target 300 mitra UKM sampai dengan akhir tahun. Sedangkan untuk tahun 2017, Kriya menargetkan akuisisi mitra UKM sebanyak 2.000 mitra per tahun.

Jumlah ini sangat konservatif mengingat saat ini pelaku UKM di Indonesia telah mencapai 57.9 juta, dengan kontribusi terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) mencapai 58.92%.

Untuk memastikan tujuan tersebut tercapai, Kriya menggandeng kerjasama dengan beberapa desiner busana muslim dan brand communication strategist yang sudah berpengalaman, serta dengan didukung kekuatan organisasi yang ahli di bidang masing-masing terutama dibidang teknologi.

Sedangkan untuk mendukung perkembangan usaha para mitra UKM, perusahaan ini akan melakukan kerja sama dengan beberapa bank untuk pemberian modal kerja. (rou/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed