Minggu, 08 Mei 2016 09:09 WIB

Berusaha Bangkit, Toshiba Tunjuk CEO Baru

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta -
Toshiba, raksasa teknologi yang belakangan tengah terpuruk, menunjuk CEO baru. Dia adalah Satoshi Tsunakawa yang sebelumnya mengepalai divisi peralatan medis Toshiba.
Dikutip detikINET dari BBC, Minggu (8/5/2016), Satoshi dipandang sebagai sosok berprestasi dan tidak terlibat dalam skandal keuangan Toshiba. Seperti diberitakan, Toshiba kena kasus karena mengaku melebihkan jumlah keuntungannya selama 6 tahun sebesar USD 1,22 miliar.
Skandal itu menjadi heboh yang berujung pada lengsernya CEO Toshiba, Hisao Tanaka. Toshiba juga didenda 40 juta poundsterling karena kasus memalukan tersebut.
Sitoshi dipandang berprestasi karena berhasil menaikkan pendapatan di divisi yang dipimpinnya. Pengangkatannya menjadi CEO Toshiba masih membutuhkan persetujuan para pemegang saham di bulan Juni mendatang.
Untuk mengisi kekosongan posisi CEO, chairman Masashi Muromachi sempat memimpin Toshiba sebagai CEO sementara. Kini Muromachi ditunjuk sebagai penasehat istimewa.
Di tengah hantaman skandal keuangan, bisnis Toshiba juga terpuruk. Tahun lalu, mereka mencatat kerugian 4,1 miliar poundsterling. Dan sebagai bagian dari restrukturisasi perusahaan, mereka melakukan PHK pada sekitar 14 ribu karyawan.
Meski sedang kurang baik nasibnya, Toshiba yang didirikan tahun 1875 ini masih berstatus raksasa teknologi. Saat ini, mereka mempekerjakan sekitar 200 ribu pegawai di seluruh dunia.
(fyk/rou)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed