BERITA TERBARU
Selasa, 30 Agu 2016 20:08 WIB

Ngopi bareng detikINET

Bikin Vlog Jangan 'Egois'

Yudhianto - detikInet
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Seiring populernya Youtube, bermunculan vlogger yang ingin mencoba peruntungannya di situs berbagi video ini. Namun menurut Anggun Adi atau yang lebih dikenal dengan nama GoenRock, bikin vlog harusnya bisa dinikmati siapa saja, alias jangan egois.

Tentu setiap vlogger akan berusaha memberikan video terbaiknya. Namun sebagai catatan, seorang vlogger seharusnya juga memperhitungkan viewer-nya. Terutama soal penggunaan kuota, viewer yang concern soal hal ini lebih memilih video yang durasinya efektif.

Selain itu pembuatan vlog ada baiknya juga menggunakan resolusi yang tak terlalu tinggi. Pasalnya, penikmat vlog tak melulu merupakan pengguna perangkat dengan layar besar, sehingga resolusi video yang dipilih seharusnya ideal.

"Ngapain juga bikin vlog dengan resolusi gede, biar nyaman dilihat di ponsel yang layarnya kecil. Bikin vlog juga jangan yang panjang-panjang (durasinya), supaya orang tidak sayang kuota. Idealnya 3-5 menit. Kecuali kalau viewer sudah mulai minta durasi yang lebih panjang," ujar GoenRock di acara Ngopi bareng detikINET bersama Samsung, di Locanda, Senayan, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Tapi selain itu, pemilihan konten adalah faktor yang paling penting. GoenRock memberi masukan agar sebuah vlog itu harusnya mengangkat suatu yang informatif dan bisa mengajak viewer berinteraksi, karena itulah yang jadi daya tarik vlog.

Vlogger juga tidak wajib membuat vlog tiap hari, yang penting konsisten. Akan lebih menarik lagi kalau dibumbui oleh kegilaan si vlogger sendiri yang bisa bikin sebuah vlog bikinannya jadi semakin menarik untuk ditonton.

"Bikin vlog tak harus daily, yang penting konsisten. Misalnya kalau pertama bikin soal kucing, jangan kedua jadi prank (video jahil-red). Selain itu vlog baiknya sesuatu yang informatif, seperti review, jurnalisme, hal-hal baru, dan entertainment. Interaktif juga penting, karena ini yang membedakan vlog dengan acara TV," imbuhnya.

GoenRock juga menambahkan, membuat vlog jangan dibebani oleh perangkat yang merepotkan, tapi sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. "Equipment jangan yang menyulitkan. Yang penting kamera ada (layar) LCD-nya, biar memudahkan," pungkasnya.

Ngopi Bareng detikINET ini disponsori oleh Samsung

(yud/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed