Selasa, 26 Nov 2013 19:01 WIB

Ngopi Bareng detikINET

Adhicipta R. Wirawan: Master Akuntansi, Jago Animasi

- detikInet
Adhicipta R. Wirawan (ash/detikINET) Adhicipta R. Wirawan (ash/detikINET)
Surabaya - Pergolakan batin sempat berkecamuk di hati Adhicipta R. Wirawan. Kata hati menginginkan Adhi untuk 'bermain' di ranah animasi, namun apa daya, orangtua berharap jurusan Akuntansi-lah yang dipilih pemuda asal Surabaya ini.

Tak mau jadi anak durhaka, Adhi muda akhirnya mengikuti permintaan orangtua dengan kuliah di jurusan Akuntansi. Sementara hasrat animasi pun ditepikan sejenak sembari berkonsetrasi kuliah.

"Dari kecil saya sudah suka animasi dan menggambar. Sampai lulus dari SMA akhirnya orangtua lebih menyukai Akuntansi yang dianggap nantinya gampang kerja," cerita Adhi di sela Ngopi detikINET bareng Telkomsel di Universitas Airlangga Surabaya, Selasa (26/11/2013).

Sampai akhirnya, Adhi mulai berani 'berontak' saat telah lulus kuliah. Caranya adalah dengan melamar pekerjaan di sebuah media cetak untuk menjadi ilustrator dengan berbekal gelar sarjana Akuntansi.

Nyeleneh? Iya! Namun ilmu Akuntansi yang didapat Adhi di bangku kuliah tak lantas menguap begitu saja. Bahkan, Adhi kemudian meneruskan kuliah S2 untuk mengejar gelar Master Akuntansi di Universitas Airlangga.

Lantas bagaimana dengan hobi animasi Adhi? Tentu saja tetap jalan terus. Sampai pada tahun 2009, Adhi dipertemukan dengan komunitas animator pengguna softwate Blender 3D. Di komunitas inilah, Adhi mulai kenal animator dan penggiat game 3D profesional.

"Saat dari situ (gabung komunitas software Blender 3D-red.) terlecut lagi dan mulai menggali ilmunya lagi. Hal ini dilakukan sembari menjalani kuliah S2 Akuntansi dan ikut kompetisi animasi," lanjut Adhi.

Pada tahun 2010, Adhi dan timnya pun menang kompetisi Telkom Indigo. Hadiah senilai Rp 50 juta lantas digunakan untuk membangun studio, membeli perangkat komputer, dan mulai menyeriusi bisnis animasi dan game aplikasi.

Lantas, bagaimana dengan kuliah S2 Akuntansi Adhi? "Lulus dengan label mahasiswa terbaik!" tegasnya, sumringah.

Ya, itulah Adhi, sempat dibekap kegalauan hati, namun pada akhirnya ia sukses membagi antara keingingan orangtua dan pribadi. "Harus diakui saya kuliah Akuntansi karena keinginan orangtua, tapi saya juga percaya bahwa restu orangtua itu doa dari sebuah kesuksesan," ujar pembesut Garuda Ryders yang juga sudah masuk komunitas TemanDev Telkomsel ini.

Kini, Adhi sehari-hari tetap menjadi dosen Akuntansi di Universitas Surabaya. Di sisi satunya lagi, pria ramah ini menjalankan tiga Developer House, yakni Dolanan Games, Mechanimotion, dan Animotion Academy.


(ash/eno)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed